Lifestyle
Rabu, 6 Maret 2013 - 12:55 WIB

Pepaya Ampuh Cegah Kanker Prostat

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pepaya (Thinkstock)

Pepaya (Thinkstock)

JAKARTA–Pepaya sering dikonsumsi karena mengandung serat tinggi dan bisa melancarkan pencernaan. Namun selain itu, pepaya juga menyimpan beragam manfaat hebat lainnya. Salah satunya bisa mencegah penyakit kanker!

Advertisement

Selain vitamin C dan E, pepaya memiliki kandungan enzim bernama papain. Sejak dulu, enzim ini sudah dimanfaatkan dalam pengobatan medis. Bahkan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menyimpulkan jika kandungan papain ini bisa mencegah beberapa jenis kanker.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Cancer Chemotherapy and Pharmacology tahun 2001, diketahui dalam percobaan terhadap hewan. Hewan yang mengonsumsi papain tinggi memiliki risiko penyakit kanker yang lebih rendah. Disimpulkan juga jika konsumsi papain bisa bisa mengurangi efek buruk sinar radiasi dan proses kemoterapi.

Selain papain, kandungan lycopene dalam pepaya juga berkhasiat. Situs Live Strong mengungkap sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Penelitian tersebut melibatkan 130 pasien kanker prostat. Para partisipan diberi makanan tinggi lycopene seperti pepaya dan tomat.

Advertisement

Ditemukan jika para pria yang makan makanan tinggi lycopene bisa mengalami penurunan risiko perkembangan sel-sel kanker prostat hingga 82%.

Selain itu, teh hijau juga diketahui baik untuk dikonsumsi penderita kanker prostat. Dari penelitian yang sama, dihasilkan kesimpulan lain yang menyebut jika teh hijau bisa menurunkan risiko kanker hingga 86%.

Ada beberapa makanan lain yang dianjurkan untuk mencegah kanker prostat. Salah satunya adalah ikan salmon serta cabai paprika. Sementara itu, jenis daging yang diolah dalam suhu tinggi harus dihindari. Pasalnya, dari proses tersebut akan terbentuk HCAs atau heterocyclic amines dan juga PAHs atau polycyclic aromatic hydrocarbons yang turut memicu kanker.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kanker Prostat Pepaya
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif