Lifestyle
Rabu, 6 Maret 2013 - 10:20 WIB

Cara Merawat Organ Dalam Agar Tetap Sehat

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Ilustrasi (dok/ Thinkstock)

JAKARTA–Untuk menjaga kesehatan otot-otot tubuh dan menjaga penampilan, olahraga mutlak diperlukan. Namun untuk merawat organ dalam seperti paru-paru, jantung dan liver, olahraga saja tidak cukup. Ada beberapa hal yang diperlukan untuk menjaga kondisinya tetap prima.

Advertisement

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam. Kebanyakan di antaranya adalah menjaga asupan makanan dan menerapkan gaya hidup sehat. Karena tidak nampak dari luar, organ-organ ini relatif lebih sulit untuk dipantau, jadi usahakan agar rutin menjalankan kebiasaan sehat.

Seperti dilansir Body and Soul, Rabu (6/3/2013), beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam adalah sebagai berikut:

Advertisement

Seperti dilansir Body and Soul, Rabu (6/3/2013), beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam adalah sebagai berikut:

1. Otak
Penurunan kemampuan otak dimulai sebelum menjelang usia 40 tahun, sehingga harus menjadi perhatian utama. Untuk menjaga otak tetap sehat, caranya adalah dengan mengasah kemampuannya dengan melakukan kegiatan baru, misalnya belajar bahasa asing dan rajin membaca.

Air adalah salah satu bahan bakar otak. Tubuh perlu makan setiap dua hingga tiga jam, bisa disela dengan mengemil kacang-kacangan dan biji-bijian. Fungsi otak juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi ginkgo biloba atau suplemen minyak ikan.

Advertisement

Tak lupa, sertakan banyak buah dan sayuran dalam makanan, terutama apel yang penuh dengan vitamin E. Vitamin ini berkaitan dengan fungsi paru-paru yang optimal. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, makanlah minyak ikan cod atau suplemen vitamin D.

3. Hati
Konsumsi alkohol berlebihan bukanlah satu-satunya musuh bagi hati atau liver. Minum pil pereda nyeri dengan dosis berlebih juga penyebab gagal hati akut yang paling umum. Kelebihan suplemen vitamin A juga dapat membebani organ yang berfungsi menyaring racun keluar dari tubuh.

Cobalah minum minuman lemon di pagi hari atau minum teh dandelion untuk merangsang sekresi empedu hati yang dapat membuang racun. Tak lupa, pastikan mendapat vaksin hepatitis agar terlindungi dari virus yang terkenal suka menyerang hati.

Advertisement

4. Jantung
Kerusakan pada organ yang satu ini paling ditakuti oleh banyak orang. Kolesterol, diabetes dan gaya hidup yang tak sehat dapat merusak jantung. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah pembunuh yang sulit dideteksi karena sering terjadi tanpa menampakkan adanya gejala.

Jalani latihan kardiovaskular secara rutin untuk mempertahankan fungsi jantung. Jantung yang tidak berfungsi dengan baik artinya tidak mampu memompa darah dengan benar. Antioksidan juga perlu diminum serta memeriksa tekanan darah secara rutin.

5. Ginjal
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gagal ginjal, mulai dari berbagai obat seperti aspirin, obat penurun kolesterol, bahkan beberapa jenis ramuan Cina. Pastikan mengkonsumsi obat sesuai dosis dan gunakan obat atau jamu yang sudah mendapat izin edar.

Advertisement

Banyak minum juga akan sangat membantu ginjal membilas racun. Pastikan jumlahnya tidak melebihi tiga liter air dalam sehari. Sumbernya tidak harus dari air minum saja, bisa juga dari teh hijau, jus buah dan sayuran.

6. Pankreas
Pankreas berfungsi melepaskan enzim untuk memecah makanan. Tapi jika terus-menerus makan makanan yang tinggi kadar gulanya, selain memperbesar risiko diabetes, juga akan membuat organ ini kewalahan karena bekerja terlalu keras.

Agar pankreas tetap sehat, jagalah pola makan secara teratur sehingga organ ini tak harus bekerja terlalu keras. Pastikan juga agar tidak makan berlebihan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif