REAL MADRID 2-1 BARCELONA
Superioritas Madrid atas Barca Berlanjut

Bek Real Madrid, Sergio Ramos, meluapkan kegembiraannya setelah mencetak gol yang membawa timnya mengungguli Barcelona 2-1 pada lanjutan Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (2/3/2013) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/ReutersBek Real Madrid, Sergio Ramos, meluapkan kegembiraannya setelah mencetak gol yang membawa timnya mengungguli Barcelona 2-1 pada lanjutan Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (2/3/2013) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID – Superioritas Real Madrid atas Barcelona tampaknya belum memudar. Los Blancos, julukan Madrid, mampu kembali mempecundangi rival abadinya, Barcelona, dengan skor tipis 2-1 pada lanjutan La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu,  Sabtu (2/3/2013) malam WIB.

Kemenangan Madrid dipastikan melalui gol telat Sergio Ramos di penghujung babak kedua. Semula kedua tim bermain sama kuat 1-1, setelah gol Madrid melalui Karim Benzema di awal laga mampu disamakan oleh Barca melalui Lionel Messi.

Kemenangan Madrid atas Barcelona ini merupakan kedua kalinya secara beruntun dalam kurun sepekan ini. Kedua seteru abadi ini sebelumnya juga terlibat duel pada ajang Copa del Rey di Camp Nou, Rabu (27/2/2013) malam WIB. Dalam duel el clasico tersebut, Madrid sukses mempermalukan Barca dengan skor 1-3 dan membuat rivalnya itu tersingkir dari Copa del Rey.

Menjamu Barca di kandangnya, Los Blancos, julukan Madrid, tak menurunkan skuat terbaiknya. Beberapa pemain bintang, seperti Cristiano Ronaldo, Sami Khedira dan Mesut Ozil, disimpan dan memanaskan bangku cadangan.

Di sisi lain, Barca, sapaan Barcelona, tampil dengan materi pemain terbaiknya. Menurunkan skema 4-3-3, Barca menurunkan Messi, Andres Iniesta, Pedro dan penjaga gawang Victor Valdes sebagai starter.

Namun, kendati tampil tanpa materi terbaiknya, Madrid mampu memberi tekanan sejak awal. Bahkan, pertandingan baru memasukki menit keenam, Madrid mampu menciptakan keunggulan melalui Karim Benzema. Striker asal Prancis ini menjebol gawang Valdes setelah menerima umpan crossing dari sisi kiri yang dilepaskan pemain muda,  Alvaro Morota.

Tertinggal 0-1 membuat Barca seperti tersengat. Los Cules, julukan Barca, pun mencoba menggedor pertahanan Madrid melalui ball possession-nya.

Upaya Barca pun menuai hasil di menit ke-18 setelah Lionel Messi menerima umpan apik dari Daniel Alves. Messi yang terbebas dari perangkat offside langsung melaju meninggalkan kawalan Sergio Ramos untuk menjebol gawang Madrid yang dijaga Diego Lopez. Ini merupakan gol ke-18 Messi yang diciptakan secara beruntun di La Liga, mengalahkan rekor yang sebelumnya diukir legenda Madrid, Alfredo Di Stefano.

Kedudukan 1-1 membuat tempo permainan bertambah tinggi. Jual beli serangan pun tak mampu dihindarkan.

Madrid mengumbar serangan secara sporadis. Namun, upaya skuat besutan Jose Mourinho mampu digagalkan penampilan cekatan Valdes.

Di sisi lain, Barca banyak mengandalkan serangan cepat yang dibangun dari lini kedua. Messi yang menjadi tumpuan Barca di lini depan pun acap kali menciptakan peluang.

Sayang, hingga peluit panjang ditiup wasit Miguel Perez tanda berakhirnya babak pertama kedudukan tak berubah. Hasil 1-1 menutup paruh pertama.

Memasukki babak kedua,  Barca masih unggul dalam penguasaan bola. Kubu Catalan ini bahkan mampu menebar ancaman lebih intensif, baik melalui Messi maupun David Villa.

Mendapat serangan beruntun membuat Mourinho mengubah strategi. Pelatih asal Portugal ini mulai melakukan rotasi dengan menarik Kaka dan Benzema dan memasukkan Khedira serta Ronaldo di menit ke-57.

Upaya Madrid ini cukup berhasil. Baru semenit masuk, Ronaldo sudah menebar ancaman dari sisi kiri pertahanan Barca. Namun, pergerakan pemain berjuluk CR7 ini kandas setelah diganjal Gerard Pique dan hanya menghasilkan tendangan bebas.

Pada menit ke-64, Ronaldo kembali membuat peluang. Tendangan bebasnya dari kotak penalti meluncur deras ke gawang Barca, namun masih mampu ditepis Valdes.

Masuknya Ronaldo membuat serangan Madrid tampak lebih hidup. Alhasil, Madrid pun mampu kembali unggul di menit ke-82 melalui tandukan Ramos. Gol tercipta setelah Ramos memanfaatkan sepak pojok yang dilepaskan Luka Modric.

Tertinggal 2-1, Barca mencoba bangkit. Namun, ketatnya pertahanan Madrid sulit ditembus.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan Madrid tak terusik. Barca pun harus rela kembali menelan kekalahan menyakitkan dari sang rival.

Hasil ini tak banyak berpengaruh bagi posisi kedua tim dalam tabel klasemen La Liga. Barca masih kokoh di puncak klasemen dengan 68 poin, sementara Madrid tetap di urutan ketiga, dengan torehan 55 poin, tertinggal satu angka dari rival sekotanya, Atletico Madrid, yang menghuni posisi dua.

Kendati demikian, Madrid patut berbangga. Los Blancos menjadi satu-satunya tim yang tak mampu dikalahkan Barca sepanjang musim ini di kancah domestik.

Susunan Pemain

REAL MADRID (4-2-3-1)

Diego Lopez (Gk); Sergio Ramos, Varane, Pepe, Coentrao (Arbeloa 68’); Essien, Modric; Callejon, Kaka (Khedira 57’), Morata; Benzema (Ronaldo 57’)

BARCELONA (4-3-3)

Valdés (Gk); Alves, Piqué, Mascherano, Alba; Sergio, Thiago (Tello 85′), Iniesta; Villa (Sanchez 66’), Messi, Pedro (Correia 77’).

Editor: | dalam: Spanyol |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »