Soloraya
Minggu, 3 Maret 2013 - 11:00 WIB

Kelola TPA Tangan, BLH Sragen Gandeng Investor

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi sampah (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN-Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sragen akan menggandeng investor untuk mengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanggan, Kecamatan Gesi, Sragen.  Pihak investor menyurvei kondisi TPA Tanggan, akhir pekan kemarin.

Advertisement

Kepala BLH Sragen, Ismanto, menjelaskan investor diharapkan bisa membantu mengelola limbah cair sampah atau lindi dan mengolah sampah menjadi pupuk.

“Harapannya sampah yang ada bisa menghasilkan nilai ekonomis yang bermanfaat untuk kehidupan,” katanya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, akhir pekan kemarin.

Salah seorang perwakilan dari calon investor CV Prima Utama Semarang, Marsodo Widagdo, mengatakan jika memungkinkan lindi bisa diproses menjadi biogas yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk penerangan dan sumber energi lainnya. Proyek serupa sudah dilakukan CV Prima Utama di Magelang dan berhasil.

Advertisement

“CV Prima Utama juga bisa membantu mengolah limbah tahu dan limbah lainnya menjadi pupuk,” jelasnya.

Menurutnya, jika diolah secara benar, sampah bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Hal itu juga berarti membantu menyelamatkan lingkungan dari bahaya sampah.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : BLH Sragen TPA Tangan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif