Soloraya
Sabtu, 2 Maret 2013 - 17:11 WIB

LONGSOR: Antisipasi Bencana Longsor, 1.500 Pohon Ditanam di Bantaran Bengawan Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak 1.500 buah pohon bakal ditanam di area bantaran Sungai Bengawan Solo. Penanaman pertama dilakukan di area bantaran sungai, Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, Sabtu (2/3/2013). Penanaman pohon dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya longsor yang mengancam jiwa warga setempat.

Acara penanaman pohon merupakan rangkaian ulang tahun Universitas Sebelas Maret (UNS) ke-37 tahun. Penanaman pohon dilakukan oleh panitia dari UNS dengan melibatkan warga setempat.

Advertisement

“Acara penanaman sebagai bentuk kepedulian kami akan kelestarian Sungai Bengawan Solo,” papar Ketua Pelaksana dari UNS Solo, Bambang Pujiasmanto, saat ditemui di lokasi, Sabtu.

Bambang menerangkan perilaku masyarakat di area bantaran kurang memerhatikan lingkungan sekitar. Hal itu bisa diketahui dari tidak ada kepedulian warga untuk menanam pohon yang bisa menyerap air.

Menurut Bambang, berbagai macam pohon yang ditanam di area bantaran Sungai Bengawan Solo, antara lain pohon mangga, pohon trembesi, pohon jamaika dan lainnya. Penanaman pohon dilakukan di area bantaran Sungai Bengawan Solo yang meliputi Kelurahan Sewu, Kelurahan Sangkrah dan Kelurahan Semanggi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif