PILKADES JUWIRING
3 Kadus Nyalon Kades

Ilustrasi. (Dok/JIBI/SOLOPOS)Ilustrasi. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Tiga orang kepala dusun (kadus) di Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Klaten diduga kuat akan maju sebagai calon kades dalam pemilihan kepala desa (pilkades) di desa setempat yang akan digelar 11 April 2013. Kini, para kadus sedang melengkapi persyaratan untuk mencalonkan diri sebagai kades.

Sekretaris Desa Gondangsari, Sudirman, 48, ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (28/2/2013), mengatakan ketiga kadus itu adalah Suratno (Kadus I), Waluyo (Kadus II), dan Sumanto (Kadus III). Ia mengaku yakin ketiganya akan maju karena mereka telah meminta surat pengantar dari desa.

“Pendaftaran calon kades memang belum dibuka. Tetapi mereka sudah mendeklarasikan diri akan maju. Syarat-syarat pencalonan, mereka juga sudah tahu. Kades yang saat ini menjabat sudah dua periode jadi kades,” paparnya.

Lelaki yang juga menjadi wakil ketua panitia Pilkades Gondangrejo itu menambahkan, panitia berencana membuat lima bilik untuk pencoblosan surat suara. Menurutnya, diperkirakan jumlah pemilih mencapai lebih dari 3.300 orang akan datang menggunakan hak pilih mereka.

Ia menambahkan, rencana anggaran belanja (RAB) yang diajukan panitia berjumlah Rp48 juta. Pemerintah desa, kata dia, siap menyokong dana Rp10 juta. Sedangkan berdasarkan jumlah pemilih yang ada, desanya akan mendapat bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten senilai Rp8,5 juta.

Sementara Camat Juwiring, Joko Hendrawan, berharap para kadus untuk tetap menjaga kerukunan. Ia juga sudah menyampaikan kepada panitia agar bersikap netral selama menjalankan tugas.

“Sementara ini, dari informasi yang berkembang, terdapat enam desa yang terancam memiliki calon tunggal dalam pilkades. Desa-desa itu adalah Jaten, Mrisen, Jetis,Bolopleret, Ketitang dan Kwarasan. Ada desa yang masih sepi, tetapi ada juga desa yang mulai menghangat suhu politiknya,” terangnya.

Editor: | dalam: Umum |
Menarik Juga »