PILGUB JAWA TENGAH
Last Minute PDIP Baru Daftarkan Cagub

Logo Pilgub Jateng (Dok/JIBI)Logo Pilgub Jateng (Dok/JIBI)

Logo Pilgub Jateng (Dok/JIBI)

SEMARANG-PDIP diperkirakan mendaftarkan pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) ke KPU Jateng pada last minute penutupan pendaftaran tanggal 5 Maret 2013.

Menurut pengamat politik dari Undip Semarang, Susilo Utomo, langkah ini untuk mengganjal langkah cagub yang tidak mendapat rekomendasi di PDIP meloncat ke partai politik (parpol) lain.
“Sebagai pendidikan politik sangat baik, supaya bakal cagub tidak semaunya sendiri, kalau tidak dapat rekomendasi bisa pindah parpol untuk maju cagub,” katanya di Semarang, Kamis (28/2/2013).
Pernyataan Susilo ini menanggapi belum ada satu pun pasangan cagub dan cawagub yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng. Memasuki hari kedua pendaftaran Pemilihan Gubernur (Piligub) Jateng 2013, Kamis kantor KPU Jateng di Jl Veteran, Kota Semarang kemarin masih sepi.
“Belum ada pasangan cagub dan cawagub yang mendaftar mas,” kata anggota KPU Jateng, Andreas Pandiangan kepada Espos di Semarang.
Lebih lanjut, Susilo Utomo memperkirakan rekomendasi cagub dari DPP PDIP akan turun last minute menjelang penutupan pendaftaran pilgub. “Bisa jadi PDIP baru mendaftarkan pasangan cagub dan cawagub pada tanggal 5 Maret pukul 23.00 WIB sebelum penututupan pendaftara pukul 24.00 WIB,” ungkap dia.
Kalau ini yang terjadi, maka bakal cagub dari PDIP separti Rustringingsih (Wakil Gubernur Jateng), Hadi Prabowo (Sekda Pemprov Jateng), Ganjar Pranowo (anggota Fraksi PDIP DPR), dan Don Murdono (Bupati Sumedang) kalau tidak mendapatkan rekomendasi, akan kesulitan maju cagub melalui parpol lain.
Mengenai cagub yang akan diusung Partai Demokrat (PD) yakni Bibit Waluyo, menurut Susilo masih menunggu restu dari Ketua Dewan Pembina PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Terutama menyangkut nama cawagub yang sekarang masih menjadi persoalan karena belum ada titik temu antara Bibit Waluyo, PD dengan parpol koalisi PAN.
“Bila SBY yang merekomendasikan nama cawagub, maka Bibit akan menerima demikian pula dengan PD dan PAN,” tandasnya.
Sedang parpol di luar PDIP dan PD, sambung dosen FISIP Undip ini, demi harga diri tetap akan mengusung cagub.
”Jadi kemungkinan Pilgub Jateng mendatang akan diikuti tiga pasangan cagub dan cawagub,” katanya.
Pendaftaran Pilgub
Sementara, anggota KPU Jateng, Andreas Pandiangan menyatakan dalam pendaftaran pilgub tidak ada persyaratan adanya rekomendasi dari pimpinan DPP parpol.
Rekomendasi merupakan kebijakan internal parpol masing-masing. ”Syarat pendaftaran pasangan cagub dan cawagub yang diusung parpol harus ditandatangi ketua dan sekretaris parpol tingkat provinsi,” beber dia.
Dia menambahkan pada hari terakhir pendaftaran pada 5 Maret mendatang, KPU akan menunggu sampai pukul 24.00 WIB. Terpisah, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng, Abdul Fikri Faqih menyatakan pihaknya dan parpol menengah lain masih menunggu cagub yang akan diusung PDIP dan PD.

Bila cagub dari PDIP dan PD sudah pasti, maka parpol menengah akan bergerak membangun koalisi mengusung cagub. ”Perkiraan saya penentuan cagub menjelang hari terakhir pendaftaran antara tanggal 3-5 Maret mendatang,” ujar dia.

Editor: | dalam: Pilkada,Politik |
Menarik Juga »