News
Jumat, 1 Maret 2013 - 13:36 WIB

ON THIS DAY: Rio de Janeiro Berdiri

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung raksasa Yesus yang menghadap ke arah Kota Rio de Janeiro, yang menjadi salah satu ciri khas kota di Brazil itu. (en.wikipedia.org)

Patung raksasa Yesus yang menghadap ke arah Kota Rio de Janeiro, yang menjadi salah satu ciri khas kota di Brazil itu. (en.wikipedia.org)

Rio de Janeiro adalah Ibukota Negara Bagian Rio de Janeiro, kota terbesar kedua di Brazil dan kota wilayah metropolitan terbesar ketiga di Amerika Selatan. Kota Ini sekaligus menjadi kota keenam terbesar di benua Amerika dan ke-26 di dunia. Kota ini didirikan oleh bangsa Portugis pada 1 Maret 1565.
Advertisement

Nama Rio de Janeiro sendiri berasal dari penamaan saat sebuah ekspedisi Portugis kali pertama menemukan Teluk Guanabara pada bulan Januari 1502. Teluk itu lantas dinamai Ria de Janeiro (Teluk Januari). Saat berdiri, kota itu dinamai São Sebastião do Rio de Janeiro, untuk menghormati Santo Sebastian, salah satu tokoh suci Katolik yang merupakan pelindung raja Portugal saat itu, Dom Sebastiao.

Kota ini kemudian menjadi ibukota Brazil selama hampir dua abad, yaitu dari 1763-1815 selama masa penjajahan Portugis, 1815-1821 sebagai ibukota Kerajaan Serikat Portugal, Brazil dan Algarves, dan 1822-1960 saat Brazil sudah menjadi negara merdeka. Rio juga memiliki nama julukan Cidade Maravilhosa atau Kota Menakjubkan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif