Soloraya
Jumat, 1 Maret 2013 - 16:49 WIB

HAUL HABIB: 3 Hari Akses Jl Kapten Mulyadi Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengalihan arus lalin (Dok/Solopos)

Petugas Dishubkominfo memberikan keterangan kepada pers tentang pengalihan arus lalulintas di Jl Kapten Mulyadi, Pasarkliwon, di terminal Tirtonadi, Jumat (1/3/2013). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo menutup dan mengalihkan arus Jl Kapten Mulyadi seiring pelaksanaan haul Habib Ali Bin Muhammad Al Hasbyi atau biasa disebut haul Habib Ali mulai Sabtu (2/3/2013).
Penutupan dan pengalihan jalur akan dilakukan selama tiga hari mendatang. Diperkirakan ribuan  umat muslim akan memadati komplek area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon dalam rangka memperingati wafatnya Habib Ali.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishubkominfo Sri Baskoro dalam jumpa pers kepada wartawan, Jumat (1/3/2013), mengatakan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan haul Habib Ali. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di kawasan Jl Kapten Mulyadi.

“Kami melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas yang disesuaikan dengan manajemen rekayasa lalu lintas revitalisasi kawasan Jl Jenderal Sudirman,” ujarnya.

Dia menuturkan Jl Kapten Mulyadi akan ditutup selama haul Habib Ali. Setidaknya, dia menyebutkan ada empat ruas jalan yang akan ditutup. Keempat ruas jalan tersebut perempatan Baturono, perempatan Sangkrah, perempatan Pasar Kliwon dan pertigaan Loji Wetan.

Advertisement

Kasi Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban Dishubkominfo, Ongko Febriyanto Prasetyo menambahkan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas diberlakukan mulai Sabtu (2/3/2013)  sejak pukul 16.0 0WIB dan berakhir pada Senin (4/3/2013) pukul 10.00WIB.
Artinya, dia menegaskan kawasan Jl Kapten Mulyadi harus bersih dan lalu lintas kembali normal maksimal pukul 10.00WIB.

“Tenda-tenda yang didirikan sudah tidak ada lagi pad Senin pukul 10.00WIB. Kalau masih ada akan kami bersihkan,” tegasnya.

Ongko menjelaskan pengalihan arus lalu lintas dimulai dari Jl Ir Juanda menuju Jl Kapten Mulyadi diarahkan melalui Loji Wetan- Telkom-Jl Jenderal Sudirman-Bundaran Gladak-Jl Slamet Riyadi. Dia mengatakan memberlakukan contra flow (dua arah) di Jl Slamet Riyadi dari Bundaran Gladak sampai simpang Nonongan.

Advertisement

Dishubkominfo, lanjut dia, akan memasang barikade dan rambu-rambu peringatan pengalihan arus lalu lintas. Tidak hanya itu puluhan petugas gabungan juga diterjunkan mengamankan arus lalu lintas selama pelaksanaan Haul Habib Ali.

Sementara itu, Ongko menambahkan khusus hari Minggu (3/3/2013) bertepatan dengan pelaksanaan Car Free Day (CFD) arus lalu lintas dialihkan dari Jl Jenderal Sudirman langsung dibelokkan melewati Jl Ronggowarsito.

“Jadi dari Telkom akan langsung lurus ke Jl Ronggowarsito. Begitu pula dari arah Pasar Gede akan dibelokkan ke Jl Ronggowarsito atau samping Bank Indonesia. Ini diberlakukan dari pukul 05.00-09.00WIB,” jelasnya.

Di singgung mengenai bagi pasien maupun keluarga pasien Rumah Sakit Kustati yang berada di Jl Kapten Mulyadi, Ongko mengatakan untuk mobil ambulance dan pasien tetap diperbolehkan melintas di Jl Kapten Mulyadi. Nanti akan ada petugas yang mengatur lalu lintas. Sedangkan bagi keluarga pasien atau penjenguk pasien RS Kustati dialihkan melalui jalan alternatif belakang RS.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif