Boyolali Tuan Rumah PIRN XII

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XII 2013, Juni-Juli mendatang.

Asisten II (Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat) Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali, Juwaris mengemukakan PIRN merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan  Indonesia (LIPI). Kegatan ilmiah bagi kalangan remaja itu akan digelar di Asmara Haji Donohudan, Ngemplak, 30 Juni-7 Juli mendatang.

“Kegiatan itu akan diikuti 600 peserta yang terdiri dari 500 peserta dari perwakilan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sedangkan 100 orang berasal dari siswa Boyolali,” terangnya kepada wartawan di Boyolali, Jumat (1/3/2013).

Melalui kegiatan itu, Juwaris mengatakan tim dari LIPI akan menyampaikan materi metodologi penelitian bidang ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan (IPSK) dan ilmu pengetahuan teknik (IPT). Selain itu, agenda lainnya berupa berupa penelitian di lapangan dan pembinaan untuk menulis karya ilmiah yang bertujuan untuk melatih sensitivitas dan mencari solusi terhadap masalah yang ada.

“Untuk peserta dari Kabupaten Boyolali akan dilakukan seleksi di tingkat sekolah dan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora),” imbuh dia.

Setelah lolos tingkat kabupaten, Juwaris mengatakan peserta akan diseleksi lagi di tingkat Propinsi Jateng dan baru ditetapkan sebagai peserta PIRN. Penyelenggaraan PIRN nantinya juga diisi dengan kegiatan workshop guru bagi guru pembimbing.

Sebagai informasi, pendaftaran peserta PIRN dilaksanakan mulai 21 Februari hingga 31 Mei 2013 dengan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran melalui email ke trib002@lipi.go.id serta seti005@lipi.go.id dan atau faksimil 021-5251834.

“Informasi dan formulir pendaftaran dapat diunduh di http://intra.lipi.go.id/data/1036004497/situs/publik/lipi1361347147.zip,” pungkasnya.

Editor: | dalam: Boyolali |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »