News
Kamis, 28 Februari 2013 - 11:17 WIB

ON THIS DAY: Perdana Menteri Swedia Olof Palme Dibunuh

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi penembakan Olof Palme di Sveavagen, Stockholm. (thetimes.co.uk)

Olof Palme (setcelebs.com)

Perdana Menteri Swedia Olof Palme tewas ditembak oleh seorang penyerang tak dikenal saat berjalan kaki pulang dari menonton film di bioskop bersama istrinya, Lisbet, menjelang tengah malam, 28 Februari 1986, di Ibukota Swedia, Stockholm. Palme ditembak di punggung dari jarak dekat, dan istrinya juga ditembak di punggung, namun hanya luka ringan dan selamat.
Advertisement

Seorang supir taksi membantu memanggil ambulans lewat radionya, dan dua gadis remaja yang berada di dekat lokasi juga ikut memberikan pertolongan pertama. Palme dinyatakan meninggal dunia saat tiba di rumah sakit.

Lokasi penembakan Olof Palme di Sveavagen, Stockholm. (thetimes.co.uk)

Dua tahun kemudian, Christer Pettersson, seorang penjahat kecil-kecilan dan pecandu narkoba ditangkap dan diadili atas dakwaan sebagai pelaku pembunuhan Olof Palme, dan lantas divonis bersalah. Namun dalam peradilan banding vonis bersalah itu dibatalkan. Siapa pembunuh Palme sebenarnya hingga kini masih belum terungkap, dan mengakibatkan munculnya banyak teori soal motif dan pelaku pembunuhan, termasuk teori konspirasi bahwa Palme dibunuh oleh agen rahasia asing karena sikap politiknya semasa hidup yang sering berseberangan dengan kekuatan-kekuatan utama dunia seperti Amerika dan Uni Soviet (waktu itu).
Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif