News
Senin, 25 Februari 2013 - 18:11 WIB

Belanda Buka Kesempatan Dapatkan Beasiswa Studi Luar Negeri

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (www.eurogates.nl)

Ilustrasi (www.eurogates.nl)

JAKARTA – Ingin belajar di luar negeri tapi kantong cekak? Pemerintah Belanda melalui sejumlah lembaga dan program kerja sama kembali membuka kesempatan bagi warga Indonesia untuk belajar di Negeri Kincir Angin tersebut.
Advertisement

Nuffic Neso Indonesia, organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (25/2/2013) mengungkapkan bahwa banyak peluang untuk mendapatkan beasiswa studi di Belanda. Program beasiswa yang paling populer untuk masyarakat Indonesia antara lain beasiswa StuNed, beasiswa NFP, Beasiswa OTS, dan Beasiswa DIKTI-PhD Special Channel.

Bagi mid-career professional Indonesia, tersedia beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) dan beasiswa NFP (Netherlands Fellowship Programme). Kedua beasiswa ini memberikan pendanaan penuh bagi kegiatan yang berhubungan dengan biaya pendidikan berikut biaya hidup selama masa studi di Belanda. Beasiswa StuNed merupakan beasiswa bilateral pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda. Program beasiswa ini diberikan untuk jenjang Master (S2), Short Course (kursus singkat) maupun Tailor-Made Training (pelatihan khusus bagi kelompok tertentu). Pendaftaran beasiswa StuNed untuk tahun akademis 2013 telah dibuka sejak Januari 2013, dengan jadwal akhir pendaftaran sebagai berikut:
– 1 Maret 2013 untuk program short course periode Juli—Desember 2013
– 15 Maret 2013 untuk program master
– 1 Oktober 2013 untuk program short course periode Januari – Juni 2014

Sementara untuk beasiswa NFP atau Netherlands Fellowship Programme (NFP) mensyaratkan pengalaman bekerja akumulatif minimal 3 tahun. Program beasiswa ini diberikan untuk program Master (S2), PhD (S3) dan Short Course (kursus singkat). Pendaftaran gelombang pertama beasiswa NFP yang dibuka pada tanggal 30 November 2012 telah ditutup pada tanggal 5 Februari lalu. Namun pendaftaran gelombang berikutnya akan kembali dibuka pada tanggal 1 Maret 2013 dan ditutup pada tanggal 7 Mei 2013

Advertisement

Tersedia pula beasiswa OTS (Orange Tulip) yang dikelola oleh Nuffic Neso Indonesia dan mendapat dukungan dana dari institusi pendidikan tinggi Belanda dan perusahaan swasta seperti Air France KLM, dan juga didukung oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pendaftaran untuk program beasiswa ini bisa dilakukan bersamaan dengan pendaftaran ke universitas di Belanda, jadi tidak perlu menunggu sampai pendaftar memiliki surat penerimaan (Letter of Acceptance) dari universitas. Pendaftaran beasiswa OTS akan ditutup pada tanggal 1 Mei 2013.

Bagi kalangan dosen, tersedia beasiwa DIKTI-PhD spesial Channel, yang merupakan kerjasama dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Nuffic Neso Indonesia, yang bertujuan untuk menyediakan bantuan finansial bagi dosen tetap, calon dosen, serta tenaga kependidikan di lingkungan Kemdikbud untuk mengikuti program doktoral di Belanda. Pendaftaran beasiswa ini dibuka sepanjang tahun oleh Ditjen Dikti. Seleksi dan keberangkatan peserta akan dilakukan tiga kali dalam setahun.

Menurut Inty Dienasari, student counsellor di Nuffic Neso Indonesia, untuk mendapatkan beasiwa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan program studi apa yang ingin diambil, kemudian mencari apakah program studi yang diminati tersebut ditawarkan di Belanda. “Jika memang ada, segeralah mendaftar ke universtias tujuan karena salah satu persyaratan untuk diikutkan dalam proses seleksi beasiswa adalah sudah diterima di institusi pendidikan tinggi di Belanda,” katanya. Inty menambahkan, untuk mencari informasi daftar program internasional yang ditawarkan di Belanda dapat dilihat melalui www.studyfinder.nl.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif