News
Minggu, 24 Februari 2013 - 13:06 WIB

Habibie: Kalau Semua Berpolitik Siapa yang Bekerja?

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BJ Habibie (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

BJ Habibie (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA-– Mantan Presiden RI, BJ Habibie mengimbau masyarakat untuk tidak terus-menerus berfokus pada politik dan memperbanyak bekerja.

Advertisement

“Kalau semua berpolitik, siapa yang bekerja?,” kata Habibie dalam pidatonya pada pada Seminar Dies Natalis PB HMI ke-66 yang bertajuk Upaya Strategis Bersama Mencegah Terjadinya Negara Gagal di Aula Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jakarta, Minggu (24/2/2013).

Habibie juga menjelaskan perspektif bekerja tersebut bukan hanya sebatas masa jabatan yang hanya selama lima tahun. “Kalau bisa sampai 50 tahun terus bekerja,” katanya.

Dia juga meminta organisasi pemuda sebagai ujung tombak perubahan untuk berani menentukan masa depan.

Advertisement

“Anda harus berani mengoreksi masa depan karena ujung tombaknya ada di pemuda. Masa depan saya sudah lewat, Anda harus lebih baik dan berbeda dengan dari Habibie, lebih baik dari Nurcholis Madjid,” katanya.

Karena itu, dia menjelaskan pemuda harus berkonsentrasi pada peningkatan produktivitas dan daya saing dari sumber daya manusia (SDM). “Untuk itu, proses kebudaayan dan pendidikan harus bersinergi sehingga menghasilkan keluaran [output] yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi [iptek] serta iman dan takwa [imtak] yang meningkatkan motivasi menjadi energi yang positif,” katanya.

Habibie menjelaskan proses kebudayaan itu terbentuk dari manusia lahir hingga tutup usia, sementara proses pendidikan itu ketika sesorang memasuki jenjang pendidikan terendah hingga tertinggi. “Kedua elemen itu harus bersinergi. Bisa saja nilai kebudayaan sesorang mencapai 10, sementara pendidikannya minus, maka dia tidak terampil dalam bidang pekerjaan,” katanya.

Advertisement

Dia juga mengimbau pemuda untuk tidak takut menjadi pemimpin dan bertanya. “Anda tinggal tunggu waktunya saja untuk memimpin, mulai dari keluarga, organisasi, kelurahan, gubernur sampai presiden, saya tidak pernah bercita-cita untuk memimpin republik saya hanya bercita-cita membuat pesawat terbang. Tapi, siapa yang tahu jika akhirnya saya memimpin,” katanya.

Habibie berharap pemimpin harus menanamkan sifat nasionalis untuk mempertahankan Negara Republik Indonesia.

“Sasarannya, memelihara dan meningkatkan kualitas. Keadaan kita itu memprihatinkan karena sudah ikut-ikutan perilaku negara lain. Bicaranya atas nama rakyat, tapi perilakunya tidak mencerminkan perjuangan untuk rakyat,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : BJ Habibie Habibie
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif