Soloraya
Rabu, 20 Februari 2013 - 23:32 WIB

Waduh, SAR Wonogiri Krisis Peralatan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - peralatan SAR Wonogiri yang rusak (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

peralatan SAR Wonogiri yang rusak (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

WONOGIRI — Tim  Search and Rescue (SAR) Kabupaten Wonogiri krisis peralatan. Dari 205 alat yang dimiliki SAR, lebih dari 160 alat dalam kondisi rusak. SAR sudah mengajukan usulan anggaran untuk pengadaan 60 jenis peralatan baru. Di antara peralatan yang dibutuhkan itu adalah perahu karet. Satu-satunya perahu karet yang dimiliki SAR Wonogiri rusak dalam misi pencarian dua orang warga Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Nguntoronadi pekan lalu.

Advertisement

Ketua Divisi Umum, Ashari Mursito Wisnu, mewakili Ketua SAR Wonogiri, Warseno, saat ditemui Solopos.com, di Sekretariat SAR Wonogiri, Selasa (19/2/2013), mengatakan sebagain besar peralatan SAR dalam kondisi rusak parah. Bahkan, Wisnu menyebut hanya 20% peralatan yang dapat digunakan dengan baik.

“Yang rusak terakhir perahu karet bantuan dari SAR Jawa Tengah rusak saat digunakan mengevakuasi korban kalap, Tiara dan Larto, pekan lalu,” ungkap Wisnu.

Dia melanjutkan sebelumnya SAR Wonogiri sempat memiliki empat perahu karet. Namun, sejak 2006, hanya satu perahu yang bisa digunakan. Sayangnya, perahu terakhir itu sobek selebar 0,5 meter (m) di bagian belakang. Akibat kondisi itu, Wisnu mengatakan anggota SAR Wonogiri terpaksa melakukan aksi penyelamatan dengan tangan kosong. Contohnya saat menyelamatkan dua korban banjir di Giriwoyo Selasa (19/2/2013) malam, anggota SAR harus berenang 500 m dalam kondisi arus air deras.

Advertisement

Selain perahu, menurutnya, SAR juga krisis peralatan lain seperti pelampung, alat penyelamatan vertikal dan kendaraan operasional. Khusus kendaraan operasional, SAR Wonogiri yang kini memiliki tiga unit SAR di Tirtomoyo, Pracimantoro dan Baturetno itu idealnya memiliki empat kendaraan operasional.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif