Pilkada
Selasa, 19 Februari 2013 - 15:08 WIB

PILGUB JAWA TENGAH: Kader PDIP Demo, Tuntut Rekomendasi Cagub Internal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Ratusan kader PDIP dari berbagai daerah di Jateng menggelar demonstrasi di Kantor DPD PDIP Jateng, Panti Marhaen, Kota Semarang, Selasa (19/2/2013). Kedatangan pengunjuk rasa tergabung dalam Forum Kader dan Simpatisan (FKS) PDIP Jateng mengendarai puluhan bus mini, truk dan mobil.

Begitu tiba di halaman Panti Marhaen, pengunjuk rasa yang mengenakan kaos merah bertuliskan PDIP, langsung melakukan orasi.
Mereka menuntut DPP PDIP supaya memberikan rekomendasi bakal calon gubernur (cagub) kepada kader internal partai.

Advertisement

“Kami menolak rekomendasi diberikan kepada cagub dari eksternal atau di luar partai,” ujar pengunjuk rasa yang datang antara lain dari Kendal dan Semarang.

Seperti diketahui ada beberapa kandidat cagub PDIP berasal dari ekternal, antara lain Hadi Prabowo (Sekda Pemprov Jateng) dan Djoko Besariman (Ketua DPD Partai Hanura Jateng).

Advertisement

Seperti diketahui ada beberapa kandidat cagub PDIP berasal dari ekternal, antara lain Hadi Prabowo (Sekda Pemprov Jateng) dan Djoko Besariman (Ketua DPD Partai Hanura Jateng).

Selain melakukan orasi, pengunjuk rasa juga membentangkan poster dan spanduk. Ada tiga spanduk besar bertuliskan Berikan Rekomendasi Calon Gubernur Jateng Dengan Mengutamakan Kader Internal Partai Sendiri, dan DPP Harus Transparan dan Obyekti Dalam Memberikan Rekomendasi.

Koordinator FKS PDIP Jateng, Nuryanto, mengatakan PDIP adalah partai kader dan perjuangan sehingga rekomendasi cagub harus diberikan kepada kader.

Advertisement

Dalam pernyataan sikapnya, FKS PDIP Jateng menolak kendidat cagub dari ekternal yang hanya akan memanfaatkan bendera partai sebagai pelengkap administrasi dalam politik praktis dan belum pernah atau sama sekali tidak pernah membesakan partai.
Mengembalikan kedaulatan partai untuk melindungi, mengayomi, dan melaksanakan amanat kader maupun simpatisan kader. Jajaran kepengurusan DPP PDIP harus bisa memulihkan citra partai.

”Apabila DPP mengingkari aspirasi dari kader dan simpatasinya, maka kami akan melakukan konsolidasi di seluruh kebupaten/kota bergerak melakukan perlawanan,” kata Nurwanto.

Nurwanto kemudian membubuhkan cap jempol darah pada pernyataan sikap tersebut. Pernyataan itu kemudian diberikan kepada Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Haryanto.

Advertisement

”Aspirasi ini akan kami sampaikan kepada DPP PDIP yang memiliki kewenangan memberikan rekomendasi cagub,” ujar dia.

Setelah menyerakan penyataan sikap pengunjuk rasa membubarkan diri dengan tertib.

Dalam jumpa pers kepada wartawan, Bambang Haryanto, menyatakan bisa memahami aspirasi dari para kader yang menginginkan rekomendasi diberikan kepada kader.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif