Soloraya
Selasa, 19 Februari 2013 - 20:56 WIB

BATURETNO BANJIR: 8 Rumah Terendam, 30 Jiwa Ngungsi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir (Dok/JIBI)

 

Ilustrasi banjir (Dok/JIBI)

Advertisement

WONOGIRI-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Baturetno merendam delapan rumah di Dusun Jatirogo dan sekitar 25 hektare lahan pertanian di Dusun Nguwur, Desa Balepanjang, Selasa (19/2/2013) malam. Ada sekitar 30 jiwa yang saat ini mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

“Delapan rumah itu terendam air dengan kedalaman sekitar 60 sentimeter. Sekitar pukul 13.00 WIB, turun hujan deras dan baru reda sekitar pukul 18.00 WIB, sehingga air Waduk Gajah Mungkur (WGM) meluap dan merendam rumah warga,” kata Camat Baturetno, Teguh Setiyono, saat dihubungi Espos, Selasa malam.

Ia menambahkan dari data sementara, delapan rumah itu milik Giman, Sugeng, Bejo, Katno, Puji, Agus Winarno, Suyem dan Sukmarini. Semuanya warga Dusun Jatirogo RT 001/RW 001, Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno. Saat ini, delapan keluarga dengan total sekitar 30 jiwa itu tengah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Advertisement

Selain rumah milik warga, sekitar 25 hektare lahan pertanian di Dusun Nguwur di desa yang sama juga terendam air luapan WGM. “Semua lahan yang terendam merupakan lahan pasang surut. Padahal, sekitar dua atau sepekan lagi padi sudah bisa dipanen,” ujarnya.

Menurutnya, dari kejadian itu tidak ada korban jiwa. Banjir tersebut memang menjadi langganan setiap tahun jika musim hujan dan turun hujan deras selama setengah hari. Pihaknya juga belum mampu menaksir nilai kerugian. Saat berita ini diturunkan, Teguh menyatakan air mulai surut dan bila memungkinkan, warga bisa kembali ke rumah masing-masing.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif