Sport
Sabtu, 16 Februari 2013 - 21:05 WIB

Taklukan Kvitova, Serena Geser Azarenka dari Ranking Satu Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Serena William meluapkan kegembiraannya setelah mengalahkan Petra Kvitova pada perempat final Qatar Open di Doha, Jumat (15/2/2013) waktu setempat. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

DOHA—Serena Williams tidak hanya mampu mendominasi jagat tenis dunia saat berusia muda. Petenis Amerika Serikat (AS) tersebut mengukuhkan diri sebagai petenis tertua yang mampu menduduki peringkat satu dunia, yakni dalam usia 31 tahun.

Advertisement

Penobatan Serena tersebut ditentukan setelah dirinya sukses membekuk Petra Kvitova dengan skor 3-6, 6-3, 7-5 di babak perempat final Qatar Open di Doha, Jumat (15/2) waktu setempat. Hasil itu membuat Serena kembali mengklaim posisi pertama dunia yang sudah cukup lama ditinggalkannya.

Di semifinal, Sabtu (16/2) waktu setempat, Serena bakal berjumpa dengan Maria Sharapova, yang juga berpeluang untuk menduduki peringkat pertama dunia pada pekan ini.

“Saya sangat sensitif akhir-akhir ini, saya selalu menangis! Saya hanya berjalan terus begitu saja dan tidak pernah berpikir akan bisa berada di sini [menjadi ranking satu dunia] lagi,” jelas Serena, dilansir Reuters, Sabtu.

Advertisement

Dalam hitungan usia 31 tahun, empat bulan dan 24 hari, Serena menjadi petenis putri pertama yang bisa menduduki posisi puncak dunia sejak komputerisasi ranking tenis dimulai pada 1975. Serena bisa melewati legenda tenis AS, Chris Evert, yang pernah menduduki posisi puncak dunia pada usia 30 tahun, 11 bulan dan tiga hari pada 1985.

Layaknya Steffi Graf, Monica Seles dan Sharapova, Serena juga sering menduduki peringkat satu dunia ketika masih berusia remaja. Namun meski sudah hampir lebih dari satu dekade dan sukses mengumpulkan 15 titel grand slam, Serena tetap menunjukkan diri haus gelar.

Pencapaian tersebut memberi kesan yang sangat mendalam bagi Serena. Sebab, ia membuktikan bisa kembali bangkit ke papan atas setelah cukup lama direcoki cedera dan penyakit yang mengharuskannya naik ke meja operasi. Terakhir, adik kandung Venus Williams tersebut menjadi petenis nomor satu dunia pada Oktober 2010.

Advertisement

Sementara itu, Sharapova bisa lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Samantha Stosur secara straight set 6-2, 6-4.  Petenis Rusia tersebut sejauh ini belum terkalahkan satu set pun di Qatar Open. Sedangkan mantan petenis nomor satu, Victoria Azarenka melenggang ke babak empat besar setelah memukul Sara Errani 6-2, 6-2. Di semifinal, petenis Belarusia itu akan berjumpa Agnieszka Radwanska yang sebelumnya menjungkalkan Caroline Wozniacki.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif