PILGUB JATENG
PD-PAN Hampir Pasti Usung Bibit Waluyo

Bibit Waluyo (Dok/JIBI)Bibit Waluyo (Dok/JIBI)

SEMARANG-Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan akan berkoalisi mengusung incumbent atau patahana Gubernur Jateng, Bibit Waluyo pada Pilgub Jateng 2013.

Sekretaris DPD PD Jateng, Dani Sriyanto, mengatakan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng mendatang pihaknya sudah pasti akan berkoalisi dengan PAN. “Sudah pasti Demokrat akan berkoalisi dengan PAN, karena sama-sama mengusung Bibit Waluyo,” katanya di Semarang, akhir pekan lalu.

Menurut dia, PD sudah pasti akan mengusung patahana Gubernur Jateng pada pilgub yang berlangsung 26 Mei 2013. “Demokrat 99 persen hampir pasti mengusung Bibit Waluyo. Sedang 1 persen menjadi kewenangan Allah,” tandasnya.

Mengenai alasan mendukung incumbent, Dani menyatakan karena sesuai dengan keinginan rakyat Jateng yang ternyata masih menghendaki Bibit Waluyo sebagai gubernur. ”Partai Demokrat hanya menyikapi keinginan rakyat Jateng,” imbuhnya.

Untuk calon wakil gubernur (cawagub) sebagai pendamping Bibit Waluyo, dia menyebutkan nama Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Hadi Prabowo.

Meski Hadi Prabowo saat ini mendaftar sebagai calon gubernur (cagub) dari PDIP, menurut Dani bukan persoalan. ”Kami akan mengajak Pak Hadi kembali ke khitah [Partai Demokrat],” katanya.

Terpisah, Ketua DPW PAN Jateng, H Wahyu Kristianto ketika dikonfirmasi membenarkan akan berkoalisi dengan PD pada pilgub mendatang. ”Karena cagub yang akan diusung sama [Bibit Waluyo], maka kita akan berkoalisi dengan PD,” ujar dia ketika dihubungi Espos di Semarang, Minggu (10/2/2013).

Dia menambahkan dalam waktu akan melakukan pertemuan dengan pimpinan DPD PD Jateng untuk pembahasan lebih lanjut tentang koalisi.

Pertemuan itu juga membahas tentang nama bakal cawagub yang akan diusung untuk mendampingi Bibit Waluyo. Mengenai nama cawagub Hadi Prabowo seperti diusulkan Dani Sriyanto, dia menyatakan masih perlu dibicarakan.

”Satu atau dua hari ke depan saya akan melakukan pertemuan dengan pimpinan Demokrat membahas koalisi, termasuk tentang nama cawagub,” jelas Wahyu.

Sebelumnya juru bicara DPW PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly mengungkapkan telah mengirimkan tiga nama bakal cawagub kepada DPP. Salah satu satu bakal cawagub itu, menurut dia, adalah Ketua DPW PAN Jateng, Wahyu Kristanto.

Sedang dua nama lainnya adalah nonkader PAN, yakni tokoh muda yang sukses di bidang usaha dan tokoh dari Jakarta. ”Tiga nama ini merupakan hasil rumusan dari tim DPW PAN yang kemudian dikirimkan ke DPP. Mereka tokoh yang mempunyai kapabilitas dan kemampuan untuk memimpin,” beber anggota DPRD Jateng ini.

Tiga nama bakal cawagub PAN ini, imbuh Wahyudin, juga dikonsultasikan kepada Bibit Waluyo untuk bisa dipilih salah satu. “Semisal nantinya dari tiga nama tersebut tidak ada satu pun yang dipilih Pak Bibit, kami tetap mendukung beliau,” ujar dia.

Editor: | dalam: Pilkada,Politik |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »