News
Jumat, 8 Februari 2013 - 17:20 WIB

Masih Ada 150.000 Pemegang Tiket Batavia Air

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA– Kementerian Perhubungan menyatakan ada 150.000 pemegang tiket Batavia Air yang harus diterbangkan hingga Desember 2013.

Untuk seluruh calon penumpang ini, harus sudah melakukan reservasi hingga 30 April 2013 di tiga maskapai yang bersedia menerbangkan secara gratis, yakni Citilink, Mandala dan Express Air.

Advertisement

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengatakan pihaknya sudah mendapat informasi dari pihak Batavia Air sesaat sebelum dinyatakan pailit bahwa masih ada 150.000 pemegang tiket hingga Desember 2013.

“Nah, calon penumpang inilah yang akan diterbangkan tiga maskapai yang berkomitmen tidak menarik biaya lagi. Namun para penumpang ini harus reservasi sebelum 30 April 2013,” kata Djoko dalam acara diskusi bersama Forum Wartawan Perhubungan, di hotel Millenium, Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Acara diskusi juga dipimpin oleh Pengamat Penerbangan Dudi Sudiyo.

Advertisement

Dia menargetkan sebelum 30 April 2013, sekitar 80% pemegang tiket Batavia sudah melakukan reservasi. Soal kapan terbangnya, akan diatur ketiga maskapai yang sudah berkomitmen menerbangkan calon penumpang Batavia Air ini.

“Dalam 3 bulan ini akan kami evaluasi sudah berapa ribu calon penumpang Batavia yang diangkut ketiga maskapai itu, dan di rute mana saja. Nanti akan kita evaluasi langkah selanjutnya,” tutur Djoko.

Menurutnya, pihaknya selaku regulator masih fokus terhadap calon penumpang Batavia yang terlanjut membeli tiket. Jadi, kalau ada maskapai yang ingin meminta rute bekas Batavia yang setop operasi karena dipailitkan, maskapai harus bersedia menerbangkan secara gratis.

Advertisement

Djoko menjelaskan Batavia Air meninggalkan rute periode Oktober 2012-Maret 2013 sebanyak 36 rute domestik, dan 7 rute internasional. Jumlah rutenya menyusut dari sebelumnya 65 rute pada Maret-Oktober 2012.

Advertisement
Kata Kunci : Batavia Bangkrut Mandala
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif