Jogja
Senin, 4 Februari 2013 - 15:05 WIB

Hore... Pantai Baron Kini Bebas Sampah

Redaksi Solopos.com  /  Esdras Ginting  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akhirnya bertindak serius dalam menangani permasalahan sampah yang ada di daerah pesisir. Sejak beberapa hari lalu, sudah tidak adalagi tumpukan sampah di pantai Baron. Sampah yang sebelumnya ditumpuk sementara sebelum diangkut kali ini langsung didistribusikan ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Baleharjo.

Advertisement

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Baron Hadi Supomo ketika dihubungi Harian Jogja, Senin (4/2/2013) mengatakan, sudah dua pekan ini Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul menyiagakan mobil bak terbuka untuk mengangkut sampah dari Baron langsung ke TPAS Baleharjo.

Menurut Hadi, kini kondisi di Baron sudah bebas sampah. Sebelumnya sampah-sampah dari pedagang dan wisatawan terpaksa ditumpuk sementara di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Baron yang lokasinya berada dekat dengan pendapa Pantai Baron. Akibat penumpukan itu, daerah sekitar pendapa Baron menjadi beraroma tak sedap dari sampah yang membusuk.

“Sekarang sudah tidak ada tumpukan sampah, sudah bersih dan semakin nyaman,” ujar Hadi.

Advertisement

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan pihaknya memang sudah menyediakan kendaraan operasional untuk mengangkut sampah setiap hari dari Baron. Dengan adanya kendaraan tersebut, sampah yang biasanya ditimbun sementara bisa langsung diangkut menuju TPA.

“Kami memang sudah menyiagakan kendaraan untuk mengangkut sampah yang beroperasi tiap hari di Baron, jadi sekarang di sana sudah bebas sampah,” papar Harry.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif