Gambar dari rekaman siaran berita menunjukkan pesawat tempur terbaru Iran yang diperkenalkan akhir pekan ini. (youtube.com) Caption : Gambar dari rekaman siaran berita menunjukkan pesawat tempur terbaru Iran yang diperkenalkan akhir pekan ini. (youtube.com)
Minggu, 3 Februari 2013 20:03 WIB R Bambang Aris Sasangka/JIBI/SOLOPOS/Reuters Internasional Share :

Iran Perkenalkan Pesawat Tempur Terbaru Buatan Sendiri

Gambar dari rekaman siaran berita menunjukkan pesawat tempur terbaru Iran yang diperkenalkan akhir pekan ini. (youtube.com)

DUBAI – Iran akhir pekan ini memperkenalkan pesawat tempur terbarunya yang dibuat di dalam negeri dan diklaim merupakan pesawat tempur generasi terbaru yang mengadopsi teknologi siluman atau sulit dideteksi radar.

Upacara peluncuran pesawat itu dihadiri langsung oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Dirinya menyatakan bahwa pesawat yang dinamai Qaher 313 itu membuktikan makin tingginya kemandirian Iran dalam bidang teknologi militer. Selama ini para pengamat militer Barat memperkirakan bahwa kekuatan AU Iran sangat terbatas karena hanya memiliki pesawat-pesawat buatan Rusia atau pesawat tua AS tahun 1970-an peninggalan era Shah Iran. Embargo total dari negara-negara Barat selama puluhan tahun membuat banyak pesawat berteknologi Barat kesulitan mendapat suku cadang.

“Kini kecepatan pembangunan Iran di bidang sains dan teknologi tak lagi tergantung pada situasi, itu tergantung pada tekad kita,” tegas Ahmadinejad. “Kita harus menetapkan target yang lebih tinggi. Kita lihat semuanya mungkin, kita punya kemampuannya,” tegasnya. Dirinya menyatakan pula, program pengembangan pesawat tempur itu tidak bertujuan mengancam siapa pun. “Tak ada niat untuk mencampuri urusan negara mana pun,” tandasnya.

“Pesawat tempur canggih dengan karakteristik fisik yang unik ini memiliki daya tangkap radar yang sangat rendah sehingga memungkinkan beroperasi di ketinggian rendah,” ujar Menteri Pertahanan Ahmad Vahidi seperti dikutip kantor berita Mehr.

Hubungan Iran dengan negara-negara Barat beberapa waktu terakhir makin tegang terkait program pengembangan nuklir negeri itu. Israel dan negara-negara Barat khawatir program itu digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir, sementara Iran berkilah programnya murni untuk kebutuhan energi dan industri.

Rekaman siaran berita TV Iran mengenai pesawat tempur terbaru Iran:

Iklan Baris
  • Lowongan Adm Pembelian

    BUTUH ADM Pembelian : Wanita Pengalaman Tidak Diutamakan Fasilitas: Gaji,UM,Lembur&Insentif Hub:0878-3625…

  • RUSH 2008

    RUSH Th’2008,B,Silver,Type S,Istimewa,124Jt Ng,Hub=085100804748…

  • Lowongan Kurir

    BUTUH SEGERA Kurir Paket Neo Logistics Datang Langsung Ke:Jl.Pramugaran Utama No.17 Nusukan,Hub=081225453055/0…

  • Lowongan Pengajar Bhs Ingris

    DICARI SEGERA Pengajar Bahasa Inggris Hub:085647220317…

  • Lowongan Arsitek

    BUTUH SEGERA : Arsitek Pria/Wanita Pendidikan S1 Arsitek Usia Max.30Th Gaji&Bns Besar Kirim Lamaran ke :…

  • Lowongan Karyawati

    BUTUH SEGERA : Karyawati/Hartono-Mall Solo,UM +Gaji+Bonus. Shift. Hubungi : 082242710123…

  • Lowongan PRT

    CARI PRT : Rajin Jujur Sabar Max 35Th Kontrak2Th,26Jt Hubungi : 085229173220…

  • AVANZA 2008

    AVANZA G Silver’2008 AD-Siap pakai Istimewa Hubungi : 0812 2860 4587…

    Leave a Reply


    pesona-kain-tradisi

    Kolom

    GAGASAN
    Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

    Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…