Presiden Mesir, Gamal Abdel-Nasser (duduk, kanan) dan Presiden Suriah,  Shukri al-Quwatli menandatangani piagam penyatuan kedua negara menjadi Republik Persatuan Arab (RPA). (en.wikipedia.org) Presiden Mesir, Gamal Abdel-Nasser (duduk, kanan) dan Presiden Suriah, Shukri al-Quwatli menandatangani piagam penyatuan kedua negara menjadi Republik Persatuan Arab (RPA). (en.wikipedia.org)
Jumat, 1 Februari 2013 06:13 WIB R Bambang Aris Sasangka/JIBI/SOLOPOS/berbagai sumber Internasional Share :

ON THIS DAY
Republik Persatuan Arab Berdiri

Presiden Mesir, Gamal Abdel-Nasser (duduk, kanan) dan Presiden Suriah, Shukri al-Quwatli menandatangani piagam penyatuan kedua negara menjadi Republik Persatuan Arab (RPA). (en.wikipedia.org)

Republik Persatuan Arab (RPA) adalah negara kesatuan yang dibentuk Mesir dan Suriah dan berlangsung hingga 1961, saat Suriah kemudian menyatakan diri keluar. Namun hingga 1971 Mesir masih menggunakan nama RPA sebagai nama negaranya.

RPA didirikan pada 1 Februari 1958 sebagai langkah awal penyatuan semua negara Arab. Negara kesatuan ini sendiri digagas untuk mengatasi kekhawatiran menguatnya pengaruh komunis di kawasan Timur Tengah, khususnya di Mesir dan Suriah. Presiden Mesir, Gamal Abdel Nasser yang populer di dunia Arab menjadi presiden RPA.

lowongan kerja
lowongan kerja CV SATRIA GRAHA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Pancasila Harus Satu Kesatuan

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (12/6/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro yang bekerja sebagai editor buku di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com Solopos.com, SOLO–Jika dibandingkan beberapa tahun lalu, tampaknya kedudukan Pancasila pada tahun ini berada di…