Entertainment
Kamis, 31 Januari 2013 - 13:32 WIB

Ratna Listy Sumringah Album Keroncongnya Diedarkan di Hongkong

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ratna Listy (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ratna Listy (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Artis Ratna Listy tengah sumringah karena album keroncong yang belum lama dirilisnya itu juga diedarkan di Hongkong.

Advertisement

Peredaran album yang bertajuk Keroncong Asli di Hongkong itu tidak lepas dari kekaguman warga Indonesia dan Komisaris Jenderal (Konjen) Hongkong terhadap penampilan Ratna di negeri tersebut beberapa waktu lalu.

“Jadi waktu itu saya sempat tampil di Hongkong saat menjadi Duta Jamu. Nah disana saya nyanyi lagu keroncong ternyata banyak yang suka dan Konjen Hongkong langsung pesan album saya dalam jumlah banyak untuk diedarkan disana,” cerita Ratna di Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Ratna mengakui niatan dia untuk merilis album keroncong selain senang dengan lagu-lagunya juga lebih dikarenakan bentuk pelestarian salah satu aset budaya Indonesia yang mulai ditinggalkan.

Advertisement

“Album ini sebagai upaya saya untuk tetap menjadikan keroncong memiliki tempat tersendiri sebagai budaya Indonesia. Jangan sampai hilang, apalagi diklaim oleh negara lain,” tuturnya.

Ia juga berharap dengan diedarkannya keroncong di Hongkong dapat menjadikan musik tersebut didengar secara luas oleh bangsa lain dan semakin menguatkan keroncong sebagai budaya asli Indonesia.

Album keroncong yang dibawakan Ratna berisi 12 lagu. Empat di antaranya lagu lawas, seperti Bengawan Solo, Mawar Sekuntum, Gambang Semarang, dan Keroncong Kemayoran. Sedangkan delapan lagu lainnya adalah lagu keroncong baru garapan seniman keroncong dari Mataram, Ariyantha Rusmana.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif