News
Rabu, 30 Januari 2013 - 14:32 WIB

PARLEMEN CHINA: Efisiensi, Anggota Dilarang Terima Fasilitas Mewah dan Obral Pidato

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Xi Jinping. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Xi Jinping. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

BEIJING – Tak ada bunga, pesta, seremoni penyambutan dan yang paling penting tak ada pidato panjang penuh omong kosong. Itulah sederet daftar larangan yang diberlakukan menjelang berlangsungnya sidang tahunan parlemen China seperti diberitakan pada Rabu (30/1/2013).
Advertisement

Kantor berita China, Xinhua, mengutip pernyataan resmi pemerintah, memberitakan bahwa dalam sidang parlemen Maret mendatang, seluruh anggota DPR harus berfokus pada isu-isu utama yang penting dan menghindarkan omong kosong. Selama ini, para anggota Dewan yang ditunjuk, bukan dipilih rakyat itu saat berpidato memberikan pandangan umum selalu saling bersaing untuk memuji-muji Partai Komunis China.

Xinhua juga menyebut kamar-kamar hotel yang disediakan bagi para anggota Dewan itu juga takkan lagi diberi hiasan bunga segar. Para anggota parlemen yang datang mewakili wilayah-wilayah yang jauh juga takkan lagi diberi penyambutan khusus di bandara atau stasiun. “Seluruh anggota DPR akan makan prasmanan tanpa hidangan mewah atau alkohol, dan semua bentuk resepsi atau pertunjukan juga takkan diadakan,” sebut Xinhua.

Xi Jinping yang bakal menjadi presiden melalui mekanisme pengesahan dalam sidang tahunan parlemen mendatang sejak menduduki jabatan sebagai Sekjen Partai Komunis China November lalu sudah menerapkan aneka penghapusan atas acara-acara formal yang mahal. Langkah itu dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan rakyat kepada Partai yang selama ini dirongrong aneka kasus korupsi.

Advertisement

Xi juga sudah memerintahkan para pejabatnya untuk mengakhiri kebiasaan mengobral kata-kata dalam pidato dan menggelar acara-acara penyambutan yang melibatkan banyak orang. Dia juga menghapus kebiasaan menghidangkan minuman beralkohol yang mahal dalam resepsi-resepsi militer.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif