News
Senin, 28 Januari 2013 - 20:13 WIB

SUBSIDI LISTRIK: KEN Sarankan Diberikan kepada Industri Padat Karya

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana sebuah industri konveksi di Cakung, Jakarta. Komite Ekonomi Nasional mengusulkan subsidi listrik diberikan kepada industri padat karya dan penunjang ekspor. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Suasana sebuah industri konveksi di Cakung, Jakarta. Komite Ekonomi Nasional mengusulkan subsidi listrik diberikan kepada industri padat karya dan penunjang ekspor. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

JAKARTA – Komite Ekonomi Nasional menilai subsidi listrik seharusnya diberikan kepada industri padat karya dan industri yang mensubtitusi barang-barang impor.
Advertisement

“Keberpihakan itu harus diberikan kepada industri-industri yang spesifik sifatnya. Misalnya industri yang menyerap tenaga kerja banyak. Tentu kan kita butuh penyerapan tenaga kerja yang signifikan,” kata Ketua KEN Chairul Tanjung, Senin (28/1/2013).

Sementara itu, paparnya, subsidi listrik juga bisa diberikan kepada industri-industri yang mensubtitusi barang-barang impor. Pasalnya, memproduksi barang-barang sendiri sebagai pengganti impor dinilai akan lebih menguntungkan daripada impor. “Industri-industri yang mensubstitusi impor, daripada kita impor, sementara kalau kita bikin sendiri lebih menguntungkan kita, boleh keberpihakan itu diberikan kepada hal-hal yang seperti itu,” tuturnya.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Bambang Brodjonegoro menilai subsidi listrik seharusnya juga bisa diberikan kepada kegiatan yang bersifat produktif seperti industri. Menurutnya, hal tersebut lebih bermanfaat dibandingkan dengan memberikan subsidi listrik kepada kegiatan yang sifanya konsumtif seperti pusat perbelanjaan dan rumah tangga terutama rumah tangga menengah ke atas.

Advertisement

“Subsidi listrik harus diarahkan kapada yang produktif atau yang miskin, bukan untuk yang sifatnya konsumtif,” tuturnya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif