News
Jumat, 25 Januari 2013 - 06:42 WIB

ON THIS DAY: Liga Bangsa-Bangsa Didirikan

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Palais des Nations di Jenewa, Swiss, yang menjadi markas besar Liga bangsa-bangsa. Gedung ini kemudian menjadi kompleks perkantoran PBB. (en.wikipedia.org)

Palais des Nations di Jenewa, Swiss, yang menjadi markas besar Liga bangsa-bangsa. Gedung ini kemudian menjadi kompleks perkantoran PBB. (en.wikipedia.org)

Liga Bangsa-bangsa atau League of Nations dalam bahasa Inggris dan Societe des nations dalam bahasa Prancis adalah organisasi yang menghimpun negara-negara berdaulat untuk mewujudkan perdamaian dunia. Organisasi ini didirikan sebagai salah satu amanat Konferensi Perdamaian Paris yang mengakhiri Perang Dunia I.
Advertisement

Organisasi ini berdiri pada 25 Januari 1919, yang ditandai dengan disetujuinya usulan untuk pendiriannya dalam konferensi perdamaian tersebut. Pakta pendirian Liga Bangsa-bangsa atau The Covenant of The League of Nations disusun oleh sebuah komisi khusus. Pada 28 Juni 1919, pakta itu diteken oleh 44 negara, termasuk di antaranya 31 negara yang terlibat dalam Perang Dunia I. Ironisnya, Amerika Serikat yang menjadi salah satu pendorong utama pendirian Liga ini melalui kiprah Presiden Woodrow Wilson justru tidak menjadi anggotanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif