Soloraya
Rabu, 23 Januari 2013 - 15:41 WIB

Sakit Menahun, Warga Kali Kebo Gantung Diri

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

KLATEN — Surandi Hadi Suwarno, 62, warga RT 033/RW 010, Desa Kali Kebo, Kecamatan Trucuk, Klaten, memilih mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di sebuah gubuk tempat penyimpanan jerami miliknya, Rabu (23/1/2013).

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com menyebutkan, jasad Surandi kali pertama diketahui menantunya, Tri Nuryanti, 25, yang tinggal serumah dengannya sekitar pukul 05.00 WIB. Ketika bangun tidur, Tri tidak menemukan mertuanya di tempat tidur.

Dia pun berusaha mencari keberadaan mertua yang baru empat hari pulang dari rumah sakit akibat terserang penyakit komplikasi. Betapa terkejutnya dia saat memeriksa gubuk tempat penyimpanan jerami kering yang biasa digunakan untuk pakan ternak.

Dia menemukan tubuh mertuanya itu tergantung dari atap gubuk. Seketika itu, Tri berteriak minta tolong. Suara Tri terdengar oleh tetangganya, Sugimin, 65, yang tinggal satu pekarangan dengan gubuk itu.

Advertisement

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung melapor ke Mapolsek Trucuk. Tak lama kemudian, jajaran Polsek Trucuk tiba di lokasi dengan membawa seorang tenaga medis. Polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan memeriksa tubuh korban dan mewawancarai keluarganya. Dari pemeriksaan tubuh korban, tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan. Polisi menyimpulkan penyebab kematian Surandi murni karena bunuh diri.

“Sebelumnya bapak [Surandi] sudah beberapa kali mencoba bunuh diri. Namun usahanya selalu berhasil digagalkan keluarga,” ujar Tri kepada polisi saat olah TKP.

Tri mengungkapkan mertuanya sudah sakit komplikasi selama lima tahun terakhir. Beberapa penyakit yang dideritanya antara lain darah tinggi dan penyakit asma. Pihak keluarga sudah membawa ke rumah sakit selama lima kali dalam lima tahun terakhir.

Advertisement

Kapolsek Trucuk, AKP Teguh Yuwono, mengungkapkan pihaknya tidak menggelar visum terhadap jenazah. Menurutnya, pihak keluarga sudah menyadari penyebab kematian korban adalah bunuh diri.

Advertisement
Kata Kunci : Gantung Diri Klaten Sakit
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif