Pilkada
Selasa, 22 Januari 2013 - 20:22 WIB

PILKADA SULSEL: Sayang Menang di Jejaring Sosial

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Selain hitung cepat versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan pasangan Sayang sebagai pemenang Pilkada Sulsel, Lembaga survei Politica Wave  juga memperkirakan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang a (Sayang) akan memenangi Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan yang digelar Selasa (22/1/2013).
Advertisement

“Ditemukan angka-angka yang sangat menguntungkan bagi pasangan Syarul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang,” kata Direktur PoliticaWave Yose Rizal dalam keterangan tertulis yang diterima JIBI/SOLOPOS/Antara di Jakarta, Selasa.

Yoze mengatakan prakiraan tersebut dihasilkan berdasarkan analisa Politica Wave dari percakapan seputar Pilkada Sulawesi Selatan di berbagai kanal media sosial, meliputi Twitter, Facebook, Forum, Blog, Youtube dan situs-situs berita nasional dan lokal.

“Ada jutaan percakapan yang masuk dan dianalisa terkait Pilkada Sulsel,” katanya.

Advertisement

Dia menyebutkan pasangan Syahrul-Agus (Sayang), yang merupakan pejabat kini Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, memiliki sentimen indeks positif 28,75.

“Ini merupakan angka yang tertinggi dibandingkan pasangan kandidat lainnya,” katanya.

Dia juga menyebutkan total percakapan atau “buzz” dari pasangan tersebut juga melebihi pesaing-pesaingnya yakni Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakar (IA) dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na).

Advertisement

Sebelumnya, berdasarkan data hitung cepat (quick count) Lembaga Survei Indonesia (LSI) pasangan Syahrul-Agus juga unggul 52,64 persen.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Sulsel yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Sulsel sebanyak 6.279.350 jiwa dan terdapat 15.601 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 24 kabupaten-kota.

Anggota KPU Sulsel Syamsir menyatakan pihaknya menargetkan partisipasi wajib pilih mencapai 80 persen. .

“Diharapkan warga Sulsel yang merupakan wajib pilih dapat memanfaatkan pesta demokrasi yang digelar hari ini (22/1) untuk memilih calon pemimpin daerah ini,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif