KLINIK ANDROID
Memori Penuh, Ini Solusinya!

Android SoloAndroid Solo

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Salam Droid para pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini, saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk yang berkaitan dengan permasalahan tentang memori internal yang selalu penuh

 Bintang Purnama  (bintangpurnama36@gmail.com)
Mas mau tanya, aku penguna android baru. Aku masih sebel karena memori internal sering penuh. Kalau gitu setiap SMS sampai tidak bisa tampil. Aku sempat browsing tentang HP yang diroot.. Aku ingin ngeroot tapi kok katanya bisa bikin HP mati total jadi takut. Langkah apa yang bisa mengatasi masalah internal penuh? Saat ini saya masih memakai memori 2GB. Mohon sarannya. Terima kasih.

Jawaban
Root memang sangat membantu untuk masalah tersebut, karena dengan root kita bisa mempunyai hak akses sebagai administrator di android kita. Selama hati-hati dan mengikuti petunjuk dengan benar, tidak ada masalah kok dengan kita ngeroot, dicoba dulu ya?  Semoga berhasil.

Andri Prasukma (andri.prasukma@gmail.com)
Halo Bang Win. Ada permasalahan yang bikin saya pusing yaitu memori

Android Solo

internal yang penuh. Padahal, di internal saat ini cuma ada dua aplikasi itupun hanya sekitar 3MB saja. Tetapi kenapa memori saya sisanya menjadi kurang dari 20MB ya? Saya menggunakan Samsung Galaxy Gio yang sudah diupgrade ke Gingerbread.

Jawaban
Halo juga Andri, untuk menangani permasalahanmu bisa dengan cara menginstall aplikasi yang berfungsi untuk memindah aplikasi yang berada di memori internal ke memori eksternal. Terkadang aplikasi tersebut memang membutuhkan akses root di HP kita. Oleh karena itu, sudah diroot belum Galaxy Gio kamu? Kalau memang sudah tinggal instal aplikasi Link2SD untuk pindahin aplikasi dari memori internal ke memori external, semoga berhasil.

Link2SD (Bulent Akpinar)
Aplikasi ini berjalan di android tipe 1.6 ke atas dan mengharuskan akses root di HP kita. Dengan aplikasi ini, kita bisa, memilih aplikasi mana saja yang hendak kita pindah. Dengan adanya User Interface memudahkan kita untuk mengatur aplikasi-aplikasi kita cuma dengan beberapa klik.

Dengan aplikasi ini kita juga melihat informasi sisa space kosong di internal storage, SD Card dan partisi ke dua SD Card. Sorting aplikasi sehingga memudahkan kita mencari aplikasi dengan mengetikkan nama, clear data dan cache dari setiap aplikasi. Uninstall aplikasi-aplikasi, freeze dan Unfreeze aplikasi,

Mode select bisa berfungsi untuk Batch link, unlink, reinstall, uninstall, “move to SD”, “move to phone”. Aplikasi yang hanya berukuran 693KB ini bisa didownload gratis di Android Market, Google Play Store. (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.buak.Link2SD&feature=search result). (Ketua Android Solo, Erwin Christanto)


Editor: | dalam: Android |
Menarik Juga »