News
Kamis, 17 Januari 2013 - 16:15 WIB

2 Hari ke Depan, DKI Masih Akan Hujan Deras

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem berupa hujan deras. (JIBI/Dok)

SOLO — Curah hujan yang tinggi dan menyebabkan banjir di beberapa daerah seperti Jakarta dan Banten disebabkan menguatnya aktivitas Monsun Asia. Diperkirakan curah hujan yang tinggi masih akan terjadi sampai akhir pekan ini.

Untuk jangka waktu tiga hari ke depan potensi curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif cukup tinggi, terutama akan adanya curah hujan yang terjadi pada malam menjelang pagi hari.

Advertisement

Menguatnya aktivitas Monsun Asia merupakan faktor yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang mulai dari Sumatera bagian selatan, Jawa, hingga Nusa Tenggara. Wilayah ini merupakan kawasan pertumbuhan awan.

“Seperti terpantau hari ini, curah hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Banten dan Jawa Barat,” jelas BMKG dalam rilisnya, Kamis (17/1/2013).

Aktivitas Monsun Asia diprediksi masih akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari mendatang, ini berdampak dengan akan meluasnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusatenggara.

Advertisement

Dampak lain selain dari adanya peningkatan daerah hujan adalah adanya peningkatan kecepatan angin dan Tinggi gelombang laut di laut China Selatan, Selat Karimata, laut Flores, Laut Timor, laut Sawu, dan laut Banda .

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif