Soloraya
Rabu, 16 Januari 2013 - 01:15 WIB

TPA Mojorejo Sukoharjo Akan Diperluas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) berencana menambah luas tempat pembuangan akhir (TPA) Mojorejo. Menurut Kepala Unit Persampahan, M Gufron, perluasan tersebut perlu dilakukan untuk menyesuaikan luasan TPA sesuai dengan UU No.18/2008 mengenai Sampah.

“Tahun ini [2013] kami berencana menambah luas TPA Mojorejo. Luas TPA di Sukoharjo ini paling kecil jika dibandingkan dengan luas TPA di kawasan Soloraya. TPA sebelumnya sekitar 3 hektare, akan perluas 1,5 hektare lagi sehingga kurang lebih 4,5 hektare,” ungkap Gufron, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Menurut dia, kemungkinan yang paling mungkin adalah menambah luasan TPA dari pada membuat TPA baru. Hal ini karena pembuatan TPA tidaklah mudah. Menurut Gufron, membuat tempat pembuangan sementara sampah (TPSS) saja sulit karena banyak penolakan apalagi membuat TPA. Apalagi Gufron mengungkapkan lahan di TPA Mojorejo masih mencukupi jika dilakukan perluasan. Dia juga menilai hubungan dengan masyarakat sekitar baik sehingga tidak akan ada masalah jika dilakukan perluasan TPA.

Selain memperluas TPA, DPU juga berencana menambah tower penyemprot air untuk menghadapi musim kemarau.

“Tahun lalu sudah ada tower dan kami juga sudah mempersiapkan selang. Tahun ini kami berencana menambah satu tower lagi dan lebih tinggi. Menurut rencana tower akan dibangun setinggi 6 meter,” kata Gufron.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif