Pilkada
Selasa, 15 Januari 2013 - 23:47 WIB

PILGUB JATENG: Demokrat Berminat Koalisi dengan PDIP

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Partai Demokrat. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SEMARANG-DPD Partai Demokrat (PD) Jateng berminat melakukan koalisi dengan Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.
Advertisement

Sekretaris DPD PD Jateng, Dani Sriyanto, mengatakan sudah memberikan masukan kepada DPP PD untuk menjalin koalisi dengan PDIP. ”Kalau koalisi ini [PD dan PDIP] bisa terwujud, maka akan menjadi kekuatan dahsyat,” katanya di Semarang, Selasa (15/1/2013).

Mengenai alasan PD menggandeng PDIP, jelas dia, untuk efisiensi dan penghematan anggaran pelaksanaan Pilgub Jateng. Sebab, pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang diusung PD dan PDIP dipastikan akan unggul, dibandingkan calon lain.

”Perhitungan di atas kertas, pasangan cagub dan cawagub yang diusung PD dan PDIP akan memenangi pilgub putaran pertama,” bebernya.

Advertisement

Seperti diketahui PD memiliki 16 kursi di DPRD Jateng, sedang PDIP sebanyak 17 kursi, sehingga gabungan dua partai papan atas ini mencapai 33 kursi.

Menanggapi apakah koalisi PD dan PDIP ini untuk menghadapi rencana koalisi delapan partai politik (parpol) menengah, Dani menyatakan tak terpengaruh dengan koalisi itu.

”Kami tak terprovokasi dengan rencana koalisi delapan parpol. PD ingin berkoalisi dengan rakyat [PDIP],” tandasnya.

Advertisement

Semisal koalisi dua parpol papan atas ini terwujud, menurut Dani, maka sebagai cagub adalah dari PDIP dan cawagubnya dari PD. Mengenai nama cawagub yang akan diusung PD, dia menyatakan menjadi kewenangan dari majelis tinggi DPP.

”Nama cawagub bukan menjadi kewenangan kami, tapi majelis tinggi,” katanya.

Terpisah, Sekretarus DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng belum bisa dikonfirmasi terkait dengan wacana tawaran koalisi dari PD. Saat Solopos.com menghubungi bebarapa kali nomor telepon selulernya tidak aktif.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif