Umum
Minggu, 13 Januari 2013 - 09:29 WIB

Pencipta "Ferrari Listrik": Struktur Tucuxi yang Kuat Minimalisasi Dampak Kecelakaan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA – Sistem struktural yang kuat pada mobil listrik Tucuxi diyakini membuat dampak kecelakaan yang biasanya dialami mobil listrik lainnya yakni terbakar tidak terjadi pada mobil listrik nasional tersebut.

Advertisement

Danet Suryatama, pencipta mobil listrik Tucuxi, mengatakan satu hal yang tidak mampu diubah oleh pihak Dahlan saat mempreteli mobil tersebut adalah structural system dari Tucuxi.

“Alhamdulillah, struktur kendaraan berfungsi seperti yang kami desain,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima JIBI/Bisnis, Sabtu (13/1/2013) malam.

Dia menjelaskan Tucuxi mempunyai sistem struktur kuat yang terdiri dari crush zone (zona ringsek) dan safe zone (zona aman).

Advertisement

Crush zone, lanjutnya, berfungsi menyerap energi kinetik tabrakan dengan menjadi ringsek saat menyalurkan energi tabrakan kestruktur lain, sementara safe zone berfungsi secara menahan segala gaya dan tegangan dari tabrakan tersebut.

Pada Tucuxi, tutur Danet, bodi mobil yang terbuat dari serat karbon (Aramid Carbon Fiber) dan sebagian struktur baja berfungsi membuat mobil menjadi ringsek saat terjadi kecelakaan.

“Atap kendaraan yang terbuat dari kaca menjadi pecah berkeping-keping untuk melindungi penumpang dari terhimpit atap,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, struktur space frame Tucuxi yang terbuat dari high-strength stainless steel (baja stainless berkekuatan tinggi) mampu melindungi penumpang serta baterai dari himpitan kendaraan.

“Kami mendesain sistem struktur Tucuxi sesuai dengan persyaratan tabrakan AS (NHTSA) dan Eropa (Euro-NCAP). Bandingkan kecelakaan mobil istrik ini dengan yang dialami oleh mobil listrik Cina BYD e6 dan Chevrolet Volt AS yang terbakar baterainya ketika tabrakan,” katanya.
Maftuh Ihsan/JIBI/Bisnis

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif