Soloraya
Minggu, 13 Januari 2013 - 14:41 WIB

Curi Mesin Pompa Air, Warga Jatisrono Ditangkap

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/arsipberita.com)

Ilustrasi (google/arsipberita.com)

WONOGIRI--Pencurian mesin pompa air terjadi di Lingkungan Manggis RT 004/RW 007 Kelurahan Sanggrong, Kecamatan Jatiroto, Sabtu (12/1/2013) pagi.

Advertisement

Dua orang pelaku yang merupakan warga Jatisrono, mencuri empat unit mesin pompa air milik warga. Pelaku bernama Damar Prasetyo, 18, dan Wahyu Darmanto, 20, warga Dusun Cinderejo RT 007/RW 002 Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono.

Kapolsek Jatiroto, AKP Lanjar Suseno, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (13/1/2013) mengatakan pelaku sempat ditolong warga saat terpeleset ke jurang.

“Pelaku melakukan aksinya pada Sabtu sekitar pukul 03.00 WIB. Saat hendak melarikan diri, keduanya terpeleset ke jurang yang ada di dekat lokasi pencurian. Lalu, mereka berteriak minta tolong dan beberapa warga sempat menolongnya. Warga juga bertanya asal keduanya dan mereka mengaku warga Jatisrono. Setelah ditolong, pelaku berhasil kabur menggunakan sepeda motor.”

Advertisement

Beberapa jam setelahnya, lanjut dia, ada beberapa warga yang mengatakan kehilangan mesin pompa air. Warga pun curiga apabila dua orang yang sempat ditolong sebelumnya merupakan pencuri mesin pompa air. Warga lalu melapor ke polsek setempat dan jajaran kepolisian melakukan pencarian ke Jatisrono.

“Sekitar pukul 07.00 WIB, kami berhasil menangkap kedua pelaku di rumah mereka dengan barang bukti berupa empat mesin pompa air dan satu unit sepeda motor. Sedangkan gergaji besi yang digunakan memotong mesin pompa air, belum kami temukan. Mungkin sudah dibuang pelaku,” ujarnya.

Ia menduga pelaku bukan kali pertama melakukan aksi pencurian tersebut. Sebab, menurut Lanjar, saat diperiksa polisi, keduanya mengaku sudah mencuri 15 unit mesin pompa air yang dijual ke penadah barang rongsokan.

Advertisement

“Selain di Jatiroto, pelaku juga diduga beraksi di wilayah kecamatan lain seperti Jatisrono, Sidoharjo dan Slogohimo. Hari ini, mereka kami amankan ke Mapolres Wonogiri untuk diperiksa lebih lanjut,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif