Lifestyle
Jumat, 11 Januari 2013 - 00:13 WIB

BELAJAR DARI CECILIA VICKEND: Waspadai Seriawan Berulang!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cecilia Vickend

Cecilia Vickend

SOLO–Meninggalnya artis sinetron Cecilia Vickend karena kanker lidah menjadi pelajaran kita bersama. Kanker lidah adalah kanker yang berada di lidah dengan tanda awalnya berupa seriawan. Apabila terjadi di tempat yang sama dan timbul berulang-ulang, harus segera dilakukan pemeriksaan Patologi Anatomi.

Advertisement

Seriawan yang dibiarkan itu akan terus bertambah besar dan bentuknya bisa berupa benjolan-benjolan serta rasanya sakit. Jika sudah parah, lidah bisa mudah berdarah dan apabila seriawan membesar pergerakan lidah semakin terbatas. Pada stadium lanjut lidah tidak bisa digerakkan

Menurut dokter bedah mulut RSUD dr Moewardi, Solo, drg Pradipto Subiyantoro SpBM, penyebab kanker lidah di antaranya yaitu adanya jejas (lecet) atau serangan dan trauma. “Serangan terhadap tubuh baik itu berupa jejas mekanis, termis, chemis, radiasi dan bakteriologi,” kata Pradipto saat ditemui Solopos.com di RSUD dr Moewardi, Selasa (8/1/2013).

Berbagai macam jejas itu di antaranya berasal dari rokok. Rokok mengandung panas, itu termasuk jejas thermis. Kandungan rokok seperi nitrofamin merupakan jejas chemis.

Advertisement

Kandungan alkohol termasuk jejas chemis. Jejas mekanis misalnya berasal dari kondisi gigi yang keropos kemudian ada yang lancip dan sering terjadi gerakan ke lidah secara terus menerus.

Adapun contoh dari jejas bakteri yakni ketika kesehatan mulut tidak terjaga. Kemudian, banyak bakteri dan menyebabkan terjadinya peradangan.

“Lidah juga perlu disikat atau dibersihkan. Lidah butuh perawatan. Lidah bisa menjadi tempat bakteri dan kotoran. Sebenarnya dengan ludah, bakteri itu bisa mati tapi tidak berarti semuanya mati,” imbuh dokter yang juga bertugas di Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) atau Yarsis itu.

Advertisement

Seperti dilansir www.asiancancer.com, penyebab kanker lidah belum sepenuhnya ditetapkan tetapi pandangan yang lebih sesuai adalah luka yang kronis, sinar ultraviolet, sinar X dan zat radioaktif lainnya. Selain itu, faktor psikologis, faktor endokrin, status kekebalan tubuh dan faktor genetik juga ditemukan dalam terjadinya kanker lidah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif