Lifestyle
Kamis, 10 Januari 2013 - 23:00 WIB

BELAJAR DARI CECILIA VICKEND: Inilah Perawatan Bagi Pasien Kanker Lidah!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cecilia Vickend

Cecilia Vickend

SOLO–Artis FTV Cecilia Vickend telah meninggal dunia karena kanker lidah yang tiga tahun dideritanya.

Advertisement

Banyak yang masih awam dengan kanker lidah. Menurut statistik, kasus kanker lidah 0,8% sampai 1,5% dari keganasan sistemik, terhitung 5% menjadi 7,8% dari kanker kepala dan leher, terhitung untuk 32,3% dan 50,6% dari kanker mulut.

Lebih banyak pria daripada wanita yang menderita kanker ini, pada rata-rata usia awal 60 tahun. Dokter bedah mulut RSUD dr Moewardi, Solo, drg Pradipto Subiyantoro SpBM, Selasa (8/1/2013), menyatakan sampai sekarang pengobatan kanker lidah yaitu operasi.

Sementara sel-sel yang tidak terambil bisa dimatikan dengan antibiotik dan sinar seperti radioaktif. “Umumnya, kalau sudah terjadi kanker pada lidah, kelenjar limfa di sekitar rahang sudah bekerja untuk memakan sel tumor. Kelenjar limfa harus diambil untuk mencegah terjadinya sel tumor,” ucapnya.

Advertisement

Bagi pasien kanker lidah dan sudah melakukan operasi, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk perawatan. Seperti dikutip asiacancer.com, antaralain, setelah operasi di hari yang sama tidak di anjurkan menggunakan bantal, posisi harus telentang dan rata, hari kedua dapat mengambil posisi setengah duduk setengah telentang, untuk mengurangi hyperemia dan edema.

Mengamati secara seksama tanda kehidupan pasien kanker lidah, perhatikan saluran pernapasan. Amati tabung saluran apakah ada sumbatan, catat warna cairan tabung, kualitas, kuantitas, apabila ada yang tidak normal segera lapor ke dokter.

Setelah operasi menggunakan Nasogastric/NG Tube untuk memasukkan makanan bergizi, setelah 7 sampai 10 hari pasien dapat memakan makanan yang berbentuk cair dari mulutnya langsung.

Advertisement

Berikan panduan perawatan mulut bagi pasien kanker lidah dan perhatikan kebersihan mulut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif