Soloraya
Jumat, 4 Januari 2013 - 20:31 WIB

Air Bermasalah, Pedagang Ikan Hias Pasar Gede Urung Dipindah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo menyatakan pemindahan pedagang ikan hias di Pasar Gede tak bisa dilaksanakan awal tahun ini. Pasalnya, Pasar Ikan Hias, di Depok, Manahan, Banjarsari masih terdapat masalah soal kelayakan air di wilayah itu.

Kepala DPP Solo, Subagiyo, saat rapat kerja (raker) dengan Komisi III, Kamis (3/1/2013), menyebutkan kios pasar ikan hias di Pasar Gede semestinya sudah bersih awal Januari lalu. Pemindahan itu dilakukan untuk menjadikan kawasan sisi barat Pasar Gede sebagai lokasi pedagang buah, oleh-oleh serta sayuran.

Advertisement

“Mestinya setelah 1 Januari pedagang ikan di Pasar Gede sudah bersih dan pindah ke Depok. Tetapi karena ada persoalan air yang dipersiapkan Dispertan belum memenuhi standar layak bagi ikan hias, pemindahan kami tunda,” katanya.

Subagiyo mengatakan pihaknya pernah mengujikan kualitas air yang ada di Pasar Ikan Hias ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo. “Ternyata kandungan kaporitnya tinggi menyebabkan ikan cepat mati,” ungkapnya.

Solusi guna mengatasi permasalahan air itu, Subagiyo menyebutkan dapat dilakukan dengan berlangganan air ke PDAM atau memperdalam sumur yang sudah disediakan oleh Dispertan itu. Subagiyo menyebutkan lebih memilih memperdalam sumur yang sudah ada.

Advertisement

“Kalau harus berlanggangan ke PDAM akan membengkakkan anggaran. Kami memilih memperdalam sumur hingga mendapatkan kualitas air yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Subagiyo mengatakan proses pindahan pedagang tidak bakal terganggun keberadaan pasar darurat Pasar Depok.

“Pekan kedua Januari ini pedagang di pasar darurat sudah masuk semua ke Pasar Depok. Ini bisa digunakan guna memperlancar mobilitas pindahan pedagang ikan hias dari Pasar Gede,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu, Komisi III DPRD Solo menegaskan permasalahan air bersih di Pasar Ikan Hias segera diselesakan. Selain menempatkan pedagang sesuai dengan jenis dagangan, pemindahan itu juga dilakukan guna memperlancar renovasi Pasar Gede sisi barat yakni berupa penggantian atap dan pembuatan sekat antar los.

“Ya segera diselesaikan agar pembangunan di Pasar Gede bisa segera dilaksanakan sehingga bisa selesai 2013 ini,” kata Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif