Rabu, 2 Januari 2013 18:03 WIB Tika Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS Wonogiri Share :

PILGUB JATENG
Pekan Depan, 2.150 PPDP Mulai Bekerja

WONOGIRI — Sebanyak 2.150 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mulai bekerja mengecek nama 987.846 jiwa dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilu (Dp4) Pilgub 2013, pekan depan. Tahapan pemutakhiran data ini diharapkan sekaligus bisa mengevaluasi Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang belum lama ini menjadi polemik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Joko Purnomo, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (2/1/2013), menjelaskan sebagai tahap awal 2.150 petugas tersebut akan mengikuti bimbingan teknis (bintek) di kelurahan/desa masing-masing Jumat-Sabtu (4-5/1/2013). Selanjutnya mereka akan bekerja secara door to door untuk mengecek nama warga sesuai DP4.

“Pencocokan dan penelitian DP4 oleh PPDP dimulai serentak Minggu (6/1/2013) secara door to door untuk memastikan data pemilih nantinya benar-benar valid,” kata Joko.

Tahapan pencocokan dan penelitian DP4 berlangsung antara 1-2 bulan. Setiap kali telah menyelesaikan pemutakhiran data di satu rumah, petugas akan memasang stiker penanda di rumah bersangkutan. Selama tahapan itu, Joko memastikan akan melakukan pengawasan ketat.

Pengawasan dan evaluasi yang melibatkan panitia pemungutan suara (PPS) dan pengawas pemilu lapangan (PPL) di tingkat desa serta panitia pemilihan kecamatan (PPK) tersebut diharapkan memberikan data yang valid jumlah riil penduduk Wonogiri yang berhak memilih.

Di sisi lain, Joko memastikan jika hasil pemutakhiran data menunjukkan jumlah penduduk yang berhak memilih mencapai angka lebih dari 900.000 jiwa berarti DAK2 dari Kementerian Dalam Negeri patut dipertanyakan.

“Kalau data pemilih lebih dari 900.000 jiwa tentu tidak mungkin jumlah penduduk hanya 842.708 jiwa seperti DAK2. Kalau salah mestinya data itu bisa dibenarkan,” ujar Joko.

Lebih jauh, pemutakhiran data Pilgub 2013 akan menghasilkan daftar pemilih sementara (DPS). Masyarakat bisa mengoreksi data itu jika mereka masih menilai ada data yang kurang benar. Selanjutnya, KPU akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT). DPT tersebut yang akan menjadi dasar saat Pilgub Mei mendatang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Wonogiri, Tulus Premana Edi, dihubungi terpisah menegaskan akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih. Dalam waktu dekat, pihaknya akan membagikan DP4 kepada panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) agar mendistribusikan data itu ke PPL.

“Selanjutnya kami akan melakukan pengawasan selama tahapan berlangsung,” ungkap Tulus.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…