Pilkada
Rabu, 2 Januari 2013 - 19:26 WIB

PILGUB JATENG: PDIP Tak Merasa Terancam Koalisi 8 Parpol

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Partai Demokrasi Indonesia Perjungan (PDIP), tidak mempermasalahkan rencana koalisi delapan partai politik (parpol)  pada Pilgub Jateng 2013. Sekretaris DPD I PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, mengatakan koalisi delapan parpol bukan merupakan suatu ancaman bagi PDIP pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng mendatang.

“Kami tak merasa terancam [koalisi delapan parpol], malah bagus, sehingga Pilgub Jateng menjadi seru dan ramai,” katanya di Semarang, Rabu (2/1/2013).

Advertisement

Kondisi ini, lanjut dia, menunjukkan bahwa parpol mempersiapkan serius bakal calon gubernur (cagub) yang akan diusung pada pilgub mendatang. Kalangan parpol peduli, sehingga akan mengusung figur cagub terbaik, untuk menjadi pemimpin Jateng lima tahun ke depan.

“Kalau dulu hanya PDIP yang melakukan penjaringan cagub dan calon wakil gubernur (cawagub), sekarang parpol berkoalisi mencari cagub dan cawagub terbaik. Ini bagus,” ungkapnya.

Dalam pilgub, ujar Agustina, bukan masalah menang dan kalah, tapi yang lebih penting berjalannya proses demokrasi. Sebab dengan banyaknya cagub yang diusung parpol,  masyarakat mempunyai banyak pilihan dalam menentukan calon pemimpinnya.

Advertisement

“Jadi jangan bicara untung dan rugi, kalah dan menang, tapi proses demokrasi berjalan dengan baik, untuk pendidikan politik rakyat,” bebernya.

PDIP sendiri, lanjut dia, akan menjalin sinergi dengan parpol lain, supaya proses demokrasi, Pilgub Jateng berjalan secara lancar dan damai. Mengenai nama cagub dan cawagub yang akan diusung PDIP sendiri, Agustina menyatakan masih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

DPP PDIP beberapa waktu lalu telah melakukan fit and proper test kepada beberapa bakal cagub dan cawagub yang mendaftar melalui DPD PDIP Jateng. “Sampai sekarang masih menunggu rekomendasi dari DPP. Berharap secepatnya segera turun,” harapnya.

Advertisement

Terpisah, mantan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suwarrno menyatakan telah memberitahukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyon (SBY), kalau akan maju sebagai cagub pada Pilgub Jateng.

”Melalui pengurus DPP Partai Demokrat saya telah memberitahu Pak SBY,” katanya ketika dihubungi melalui telepon selulernya dari Semarang.

Respons SBY, menurut mantan Komandan Pengamanan Presiden (Danpampres) ini, masih menunggu hasil survei. Dia menambahkan selain dengan Partai Demokrat, juga telah menjalin komunikasi dengan pimpinan DPP dan DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng dan DPP dan DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif