Soloraya
Jumat, 11 Mei 2012 - 20:28 WIB

SANITASI PERMUKIMAN: Kendal Belajar Sanitasi ke Sukoharjo

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO-Tim Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Kendal, dipimpin Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda, Suhada, Kamis (10/5/2012) mengadadakan studi banding di Bappeda Kabupaten Sukoharjo.

Kedatangan mereka antara lain untuk belajar menyusun buku putih dan strategi sanitasi kabupaten (SSK) dalam program percepatan sanitasi dan permukiman.

Advertisement

Rombongan diterima Kepala Bappeda Sukoharjo, Joko Sutarto dan Tim Pokja AMPL Sukoharjo yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, DPU, Disperindag, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, PDAM dan Bagian Humas.

Dalam siran pers, Joko mengatakan pihaknya telah membentuk Tim AMPL sejak tahun 2011 dan telah bekerja untuk menyusun buku putih dan SSK melalui tahapan survei dan konsultasi publik.
Diharapkan dengan adanya program PPSP ini dapat meningkatkan intensitas upaya penyadaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara terus menerus dan juga keterlibatan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) dalam mengefektifkan pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Karena penanganan masalah sampah, air bersih dan sanitasi sudah merupakan problem baik pemerintah pusat, daerah maupun masyarakat sehingga untuk menangani hal ini butuh biaya sangat besar.

Advertisement

Pihaknya berharap dengan tersusunnya buku putih dan SSK akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pemerintah pusat untuk memberikan dana kepada pemerintah daerah untuk membiayai masalah tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif