Soloraya
Rabu, 1 Agustus 2012 - 15:01 WIB

JALUR MUDIK: Jalur Ringroad Utara Dibuka, Jalur Alternatif Mudik Disiapkan

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah mesin penggilas jalan tengah melakukan perbaikan jalur ringroad utara Sragen sebagai bagian persiapan jalur mudik Lebaran, Rabu (1/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

Sebuah mesin penggilas jalan tengah melakukan perbaikan jalur ringroad utara Sragen sebagai bagian persiapan jalur mudik Lebaran, Rabu (1/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

SRAGEN — Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sragen bersama Satuan Lalu Lintas Polres Sragen membuka jalur ringroad utara sebagai salah satu jalur mudik Lebaran tahun ini. Jalur tersebut dibuka setelah diperbaiki selama 100 hari.
Advertisement

Sebelum dibuka tim Dishubkominfo Sragen yang dipimpin Kabid Operasional dan Pengendalian (Opdal) Sukirno memeriksa kondisi jalan yang dibangun rekanan sepanjang 1,5 km. Pengecekan kondisi jalan dilakukan kali kedua untuk memastikan keadaan jalan benar-benar baik.

“Hasil pengecekan kali pertama masih ditemukan beberapa titik jalan yang pekerjaannya belum sempurna. Oleh karenanya kami sudah meminta rekanan untuk memperbaiki. Setelah saya lihat hari ini bersama tim, ternyata sudah diperbaiki dan sudah layak untuk dibuka. Kami sudah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Sragen untuk membuka jalur lingkar utara ini,” ujar Sukirno saat dijumpai wartawan, Rabu (1/8/2012), di sela-sela pengecekan jalan.

Pembangunan jalan lingkar itu dilaksanakan secara parsial, yakni seperti di depan Puskesmas Sidoharjo, depan Markas CPM Sragen dan di Pasar Nglangon. Menurut dia, jalur lingkar utara ini memang salah satu jalur utama mudik Lebaran yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen.

Advertisement

Selain jalur itu, terang dia, Pemkab Sragen juga menyiapkan jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan kendaraan di dalam kota. Seperti di sekitar Gemolong, arus lalu lintas dari arah Salatiga dipecah di pertigaan Kwangen, Gemolong. Dari arah Solo-Purwodadi dipecah mulai depan RSI Yakssi. “Selain itu dari arah Surabaya dialihkan mulai dari pertigaan Puskesmas Ngrampal dan perempatan Pilangsari. Sedangkan dari arah Solo-Jawa Timur juga dipecah mulai pertigaan Purwosuman dan perempatan Nguwer, Sidoharjo,” ujarnya.

Dia menegaskan pada prinsipnya semua jalur arus mudik Lebaran secara umum baik. Hanya jalan alternatif di wilayah Sari, Plupuh masih ditemukan beberapa lubang. Dia mengaku sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen untuk segera memperbaiki lubang-lubang yang ada di jalur itu. “DPU juga siap mengerjakannya sebelum arus mudik datang,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif