Soloraya
Senin, 14 Mei 2012 - 17:55 WIB

PENATAAN RUANG: Kuburan Sondakan Bakal Jadi Taman Bermain

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Solopos/Agoes Rudianto)

ILUSTRASI (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO- Salah satu tempat permakaman di Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo tengah diproses untuk menjadi taman bermain serta open space. Program penataan ruang tersebut akan menjadi proyek unggulan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sondakan dalam rangka memperkuat branding kelurahan.

Advertisement

Ketua Panitia program penataan ruang, Albicia Hamzah menjelaskan, ide penataan tanah permakaman seluas 2.825 meter persegi itu karena Kelurahan Sondakan saat ini sangat minim lahan. Alhasil, pihaknya mengusulkan agar tanah makam di RT 03/ RW IV kelurahan setempat tersebut menjadi open space.

“Ini akan menjadi satu-satunya konsep penataan ruang di Kota Solo. Karena, di tanah makam sana masih ada 60 nisan,” ujarnya kepada solopos.com, Senin (14/5/2012).

Menurut Albicia, konsep penataan ruang di kuburan tak semata karena lahan minim. Namun, juga untuk membalik pemahaman masyarakat  bahwa tanah makam itu bukanlah tanah angker yang harus dijauhi. “Dengan penataan itu, kami ingin menunjukkan bahwa tanah makam menjadi tanah yang menarik untuk dikunjungi,” paparnya.

Advertisement

Albicia menjelaskan, di tengah-tengah tanah makam tersebut terdapat sebuah makam tokoh Sondakan bernama Kiai Sondoko. Kiai Sondoko merupakan sosok yang berada di balik cikal bakal lahirnya Kelurahan Sondakan.

Untuk mengelola tanah permakaman tersebut, Albcia mengajukan anggaran ke Pemkot Solo senilai Rp100-an juta. Anggaran tersebut lebih kecil dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp300-an juta. “Kami juga melibatkan akademisi UNS sebagai konsultan,” paparnya.

Penataan ruang tersebut merupakan bagian dari agenda Pemkot Solo dalam mempercantik wajah kota dan mempertegas karakter kota budaya. Tahun lalu, penataan ruang dimenangkan oleh Kelurahan Jagalan, Jebres dengan penataan Kali Sonto agar bersahabat dengan warga.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif