Soloraya
Sabtu, 27 April 2024 - 14:21 WIB

504 Anggota Pramuka Ikuti Pesta Siaga 2024 di Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pj. Sekda Karanganyar, Zulfikar Hadid, melepas balon sebagai penanda dimulainya Pesta Siaga 2024 di SMP Negeri 3 Karanganyar, Sabtu (27/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar menggelar Pesta Siaga Tahun 2024 di SMP Negeri 3 Karanganyar pada Sabtu (27/4/2024). Kegiatan ini diikuti 63 barung putra dan putri yang merupakan perwakilan setiap Kwartir Ranting (Kwaran)se-Kabupaten Karanganyar.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Karanganyar, Zulfikar Hadidh, memukul gong dan melepas balon udara sebagai penanda dimulainya Pesta Siaga 2024. Hadir di acara tersebut camat, para pimpinan dan Andalan Kwarcab Karanganyar, serta Ketua Kwaran se-Kabupaten Karanganyar.

Advertisement

Tarian Bambangan Cakil yang ditampilkan anak-anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Karanganyar memeriahkan Pesta Siaga tersebut.

Pj. Sekda mengatakan Pesta Siaga adalah kegiatan pertemuan antarpramuka untuk golongan Siaga. Oleh karena itu sifat dari kegiatan ini harus rekreatif, bersenang-senang, riang gembira, dan sesuai perkembangan jasmani dan rohani Pramuka usia Siaga.

“Kegiatan ini menyajikan kegiatan yang positif dan inovatif untuk kemajuan kualitas gerakan Pramuka Indonesia,” katanya.

Advertisement

Dia berharap agar kegiatan ini bisa menjadi wahana bagi Pramuka Siaga untuk menambah dan meningkatkan persaudara, pengetahuan, ketrampilan, patriotisme dalam satu wadah kegiatan. Hadidh juga mengatakan kegiatan ini diharapkan lahir generasi unggul yang memiliki karakter positif, kuat, jujur, rela berkorban, untuk bangsa dan negara.

“Dengan pertemuan semacam ini semoga mampu memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk terus berlatih menjadi wadah berbagi pengalaman,” katanya.

Ketua Pelaksana Pesta Siaga 2024, Wahono, menjelaskan kegiatan ini diikuti 63 barung, yang terdiri atas 31 barung putra dan 32 barung putri dengan total peserta 504 orang. Selain itu juga diikuti 65 pendamping, 17 pimpinan kontingen, 17 Kwaran se-Karanganyar.

Advertisement

“Kegiatan pesta siaga terdiri dari kegiatan umum, spiritual, emosional, serta ketangkasan dan ketrampilan,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Apindo Solo Pemilu 2024
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif