News
Minggu, 28 April 2024 - 18:38 WIB

Pertama Kali, UKSW Halalbihalal Tumbuhkan Kepedulian dalam Bingkai Satu Hati

Redaksi Solopos.com  /  Ivan Indrakesuma  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana kebersamaan kental terasa dalam kegiatan Halalbihalal yang diselenggarakan oleh Campus Ministry (CM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Balairung Universitas, Jumat (26/4/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Suasana kebersamaan kental terasa dalam kegiatan Halalbihalal yang diselenggarakan oleh Campus Ministry (CM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Balairung Universitas, Jumat (26/4/2024) malam. Kegiatan yang mengangkat tema “Idul Fitri Meneguhkan Kepedulian dalam Bingkai Satu Hati” ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa UKSW serta sejumlah civitas academica dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.

Dalam acara tersebut, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., menyampaikan sambutan hangatnya kepada seluruh peserta. “Kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para tamu dan seluruh peserta yang sudah hadir,” ungkapnya.

Advertisement

Rektor Intiyas juga menerangkan sebagai kampus Kristen yang berada di tengah-tengah kota yang toleran di Indonesia yakni di Salatiga, keberadaan UKSW menjadi simbol kemajemukan. “UKSW yang dikenal dengan Indonesia Mini ini juga menyediakan ruang ibadah bagi warga kampus yang beragama lain untuk menjalankan ibadah mereka,” jelasnya.

Selain itu, Ia menuturkan bahwa acara ini merupakan bingkai kepedulian bukan sekadar seremonial tetapi sebagai gerakan kerja Satu Hati (Sinergis, Patuh, Harmonis, Teladan, dan Integritas). “Bingkai kepedulian Satu Hati menjadi tema kegiatan ini. Kami ingin mengajak civitas academica UKSW untuk terus berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik dalam mewujudkan kepedulian,” tuturnya.

Advertisement

Selain itu, Ia menuturkan bahwa acara ini merupakan bingkai kepedulian bukan sekadar seremonial tetapi sebagai gerakan kerja Satu Hati (Sinergis, Patuh, Harmonis, Teladan, dan Integritas). “Bingkai kepedulian Satu Hati menjadi tema kegiatan ini. Kami ingin mengajak civitas academica UKSW untuk terus berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik dalam mewujudkan kepedulian,” tuturnya.

Suasana kebersamaan kental terasa dalam kegiatan Halalbihalal yang diselenggarakan oleh Campus Ministry (CM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Balairung Universitas, Jumat (26/4/2024) malam. (Istimewa)

Lebih lanjut disampaikannya, untuk pertama kalinya UKSW mengadakan kegiatan halalbihalal bagi warga kampus yakni dosen, tendik, dan mahasiswa yang beragama Islam. “Kami menyadari tidak mungkin kampus ini berdiri sebagai kampus yang soliter, UKSW harus berdiri sebagai keluarga. Civitas academica yang beragama Islam tidak menjadi masalah di kampus ini,” imbuhnya.

Advertisement

Pdt. Dr. Ferry Nahusona juga mengungkapkan tema Halal Bihalal ini berkaitan dengan acara Asian Academic of Campus Ministry (AACM) yang akan dilaksanakan di UKSW. ”Kegiatan hari ini dalam rangka menyongsong acara AACM dengan bingkai utamanya yakni tentang Multi Faith dengan aksi Creating a Culture of Care,” terangnya.

Turut hadir dalam acara, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., Rektor ketiga UKSW periode 1983-1993 Prof. Dr (HC). Willi Toisuta, Ph.D., Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Yasip Kashani, S.IP., M.M., dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kota Salatiga AKBL Aryuni Novintasari, M.Psi., M.Si., Psikolog., beserta jajarannya.

Dalam kesempatan ini, Yasip Kashani menyampaikan rasa kagumnya kepada UKSW. “UKSW telah melakukan kolaborasi yang luar biasa. Jika ini terus dilakukan maka salatiga menjadi barometer yang harmonis dalam mencapai satu kesatuan pengabdian tanpa membedakan apa pun,” ungkapnya.

Advertisement

Menurutnya, UKSW telah memberikan contoh makna sebuah keharmonisan dan harapannya hal ini dapat dilakukan pada institusi lainnya. “Melaksanakan kegiatan seperti ini dan menyediakan ruang ibadah untuk umat beragama lain menjadi satu hal yang menunjukan keharmonisan, terima kasih kepada Rektor UKSW,” katanya.

Melakukan Kebaikan

Dalam acara Halal Bihalal kali ini dihadirkan narasumber tunggal yakni Dosen Filsafat UIN Salatiga Prof. Dr. Benny Ridwan, M.Hum., yang menyampaikan Tausiyah. Ia mengajak seluruh peserta untuk terus melakukan kebaikan dimana pun mereka berada. Selain itu, Prof. Dr. Benny Ridwan juga membagikan empat hal penting yang harus dilakukan supaya tidak mengalami kerugian dalam hidup. “Empat hal tersebut adalah beriman, berbuat baik, melakukan tausiyah kebaikan, dan saling menasihati dalam kesabaran,” imbuhnya.

Suasana tampak hangat saat seluruh peserta berdiri berdampingan melantunkan Sholawat secara bersama-sama. Tak hanya itu di akhir acara tersebut, seluruh peserta saling berjabat tangan sebagai tanda saling bermaaf-maafan. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan qasidah Adz Dzikro dari mahasiswa UIN.

Advertisement

Acara Halalbihalal semalam diapresiasi positif oleh para peserta, salah satunya Muhamad Sidik Pramono, S.H., mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Magister Sosiologi Agama Fakultas Teologi. “Saya sangat bangga dengan UKSW, walaupun kampus Kristen tetapi tetap menghargai kami yang muslim. Ini sebagai contoh baik mengenai keberagaman,” tuturnya.

Senada dengan Muhamad Sidik Pramono, Agus Irawan Prakoso, S.Pd., Kepala Sub Bagian Manajemen Ruang dari Direktorat Infrastruktur dan Digitalisasi (DID) juga menyampaikan acara ini seperti ini dapat mempererat kekeluargaan civitas academica UKSW.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif