Teknologi
Senin, 4 Juni 2012 - 13:57 WIB

TEKNOLOGI: Bikin Robot Pesawat, Ilmuwan Pelajari Kelelawar Australia

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BatboT (www.disam.upm.es/~jdcolorado/BAT/BaTboT.html)

BatboT (www.disam.upm.es/~jdcolorado/BAT/BaTboT.html)

MADRID—Sejumlah ilmuwan Spanyol dan Amerika Serikat mengembangkan pesawat tanpa awak (drone) dengan teknologi sayap kelelawar.

Advertisement

Menurut mereka, sayap kelelawar memiliki bentuk unik dan membantu dalam bermanuver. Hal itu karena kelelawar mampu mengubah morfologi sayap saat terbang.

Seperti dilansir Phys.org, Minggu (4/6), ilmuwan telah menguji coba Batbot yang mereka buat. Hasilnya, selain mampu bermanuver lincah, konsumsi energi juga lebih sedikit hingga 35% dari robot pesawat versi sebelumnya.

Batbot dikembangkan dengan sistem bionik dari bahan lembut dan memiliki otot buatan. Para peneliti sebelumnya telah mempelajari kelelawar besar dari Australia, flying fox.

Advertisement

Penelitian yang dilakukan Julian Colorado dan timnya dari Polytechnic University of Madrid, Spanyol serta Brown University AS, terus mengembangkan prototipe pesawat tersebut. Penelitian itu didanai lembaga militer AS. Presentasi penelitian itu telah dipublikasikan dalam makalah berjudul “Biomechanics of Smart Wings in a Bat Robot Morphing Wings Using SMA Actuators“. (ali)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif