Lifestyle
Senin, 18 Juni 2012 - 09:44 WIB

OBAT HERBAL: Jeruk Nipis Hilangkan Bekas Jerawat

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Jeruk nipis merupakan salah satu buah pilihan sehat yang bisa didapatkan sehari-hari. Selain itu jeruk nipis berguna untuk menjaga kesegaran kulit wajah dan menghilangkan noda jerawat.

Advertisement

Konsultan Gizi Homecare Jogja, Esti Nur mengatakan, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi. Buah dengan nama latin citrus aurantifolia memiliki rasa asam dan sedikit pahit. “Gizi yang dimiliki bisa digunakan untuk membantu merawat kulit wajah secara alami,” ujar Esti, kemarin (17/6).

Menurutnya, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya. Selama ini jeruk nipis banyak digunakan pelanggan konsultasi gizi sebagai konsumsi diet. Di sisi lain, ekstrak jeruk nipis banyak digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan.

“Untuk kandungannya, dalam nipis ada vitamin B1, belerang, asam sitrun, glikosida, damar, minyak atsiri, asam amino, asam sitrat, minyak terbang, dan lainnya,” kata dia. Dengan kandungan gizi itulah jeruk nipis digunakan sebagai buah alternatif merawat kecantikan dan mendukung kesehatan. 

Advertisement

Noda Jerawat

Khasiat jeruk nipis cukup manjur untuk mengatasi noda jerawat di wajah. Dengan pemakaian secara alami dan sederhana, cara perawatannya mampu membersihkan noda dan melembabkan kulit wajah.

Irisan jeruk nipis yang telah diperas menjadi alat untuk membantu merawat kulit wajah. “Sebenarnya baik digunakan sehari-hari, kulit jadi segar dan lembab, tapi kadang malas saja karena  harus potong-potong jeruk nipis,” kata Wijiyani, salah seorang pemakai jeruk nipis untuk perawatan, Minggu.

Advertisement

Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa itu sudah membuktikan khasiat jeruk nipis untuk menghilangkan noda jerawat. Ia mengaku selama ini hampir setiap bulan sekali jerawatnya muncul menjelang haid. “Kalau terus-terusan kan jadi tidak pede, saya sempat konsultasi ke salon, lalu dikasih info perawatan alami herbal dengan jeruk nipis,” lanjutnya.

Selain menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan, jeruk nipis juga tidak mahal. Wijiyani mengaku membeli jeruk nipis di Pasar Sentul, Jogja 15 buah seharga Rp10.000 saja. “Sebelum digunakan untuk perawatan kulit wajah, air perasannya kan bisa disisihkan untuk diminum, sehatnya dobel,” ujar dia.

Dikatakan dia, penggunaan jeruk nipis untuk wajah dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut, awalnya jeruk nipis dipotong dua bagian. Setelah itu air jeruk nipis diperas, bisa untuk diminum tetapi juga bisa dicampur dengan madu untuk masker wajah.

Setelah jeruk diperas, kulit dengan sisa daging yang ada bisa dipakai dengan digosokkan pada wajah. “Kandungan air jeruk nipis bisa mengurangi minyak di wajah, kalau masker campuran madu  ada antiseptiknya untuk bersihkan jerawat,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif