Jogja
Senin, 28 Mei 2012 - 10:07 WIB

OBAT HERBAL: Atasi Osteoporosis Dengan Mengkudu

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Setiap orang pasti ingin memiliki tulang yang kuat Kini ada cara mudah untuk membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis, salah satunya dengan mengonsumsi buah mengkudu.

Advertisement

Praktisi herbal, Slamet Birodin menjelaskan osteoporosis atau tulang keropos merupakan kondisi progresif saat tulang menjadi lemah sehingga secara struktural lebih mungkin untuk fraktur atau patah. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan unsur penyusun tulang lebih cepat daripada zat pembentuk tulang baru. Seiring waktu, ketidakseimbangan antara kerusakan tulang dan pembentukan tulang menyebabkan masa tulang menurun, sehingga tulang lebih mudah patah.

Siapa yang berisiko menderita penyakit osteoporosis? Penyakit ini biasanya lebih mudah menyerang saat memauski usia 50 tahun. Pada usia tersebut masa tulang lebih cepat menurun. Selain itu  perempuan lebih beresiko terkena osteoporosis. “Karena menopause yang biasanya terjadi pada wanita usia 40-an atau 50-an, secara dramatis meningkatkan kecepatan keropos tulang, itulah yang menyebabkan osteoporosis pada wanita cenderung lebih tinggi dibandingkan pria,” ujar dia saat ditemui Harian Jogja, di tokonya Jl.Bakri, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu (27/5).

Mengkudu yang memiliki aroma tidak sedap ini ternyata dapat dijadikan herbal alternatif untuk mengatasi masalah tulang. Tumbuhan ini mempunyai daun yang bersusun berhadapan. Bunganya berbentuk bungan bongkol yang kecil dan berwarna putih.

Advertisement

Secara fisik mengkudu mudah dikenali. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berbentuk lonjong, sedangkan bijinya banyak dan terdapat dalam daging buah. Buah yang telah masak umumnya mempunyai aroma yang kurang sedap.Meski bentuk fisik kurang menarik, mengkudu kaya akan kandungan morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol. Efek farmakolog inilah yang diyakini dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Cara konsumsinya pun mudah. Yakni dengan menjadikannya minuma jus.  Anda juga bisa menambahkan dengan madu sebagai penguat rasa.
Alternatif lain, dapat dengan mengonsumsi teh herbal mengkudu produk Tazakka yang merupakan teh alami yang terbuat dari herbal buah mengkudu. Diolah secara higienis dari buah mengkudu pilihan, dan menjaga kemasan kesegaran maupun kenikmatan rasanya. Produk ini tidak beraroma yang menyengat. Cara membuatnya seperti membuat teh celup pada umumnya.

Slamet menambahkan, produk teh mengkudu ini dapat dikonsumsi setiap saat, karena tidak memiliki efek samping, semua bahannya berasal dari herbal. Namun disarankan bagi ibu hamil sebaiknya tidak terlalu sering mengomsumsinya, karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi janin.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif