Jateng
Kamis, 16 Mei 2024 - 17:38 WIB

Pelaku Penyelundupan Ratusan Anjing ke Jateng Dituntuk 1,5 Tahun Penjara

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para terdakwa kasus penyelundupan ratusan anjing saat menjadi sidang di PN Semarang, Kamis (16/5/2024). (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Pelaku penyelundupan ratusan anjing, Donal Hariyanto, dituntut pidana penjara 1,5 tahun atas perbuatannya menyelundupkan ratusan anjing dari Jawa Barat (Jabar) ke Jawa Tengah (Jateng). Selain hukuman badan, pria asal Gemolong Sragen itu juga dituntut denda Rp250 juta yang jika tidak dibayarkan maka diganti dengan kurungan selama dua bulan.

Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Supinto Priyono, dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Kamis (16/5/2024).

Advertisement

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 89 ayat 2 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan hewan,” katanya.

Ia menjelaskan terdakwa terbukti memasukkan hewan ke wilayah yang bebas penyakit hewan dari wilayah tertular atau terduga tertular.

Dalam pertimbangannya, lanjut dia, perbuatan terdakwa menyeludupkan 180 ekor anjing tanpa dokumen yang legal ke wilayah Jawa Tengah tersebut melanggar peraturan perundang-undangan.

Advertisement

Selain terdakwa Donal Hariyanto, jaksa juga menuntut empat pelaku lain dalam perkara ini dengan hukuman satu tahun penjara.

Empat pelaku lain, masing-masing Ariyoto, Wagiman, Sulasno, dan Ervan Yuliantu, merupakan awak truk yang dibayar terdakwa Donal Hariyanto untuk mengirim ratusan anjing tersebut.

Atas tuntutan tersebut, Hakim Ketua Judi Prasetya memberi kesempatan para terdakwa untuk menyampaikan pembelaan pada sidang yang akan datang.

Advertisement

Sebelumnya diberitakan, Polrestabes Semarang mengamankan sebuah truk pengangkut ratusan anjing yang dibawa dari wilayah Jawa Barat dengan tujuan beberapa daerah di Jawa Tengah pada 6 Januari 2024. Truk pengangkut anjing ilegal tersebut ditangkap saat akan keluar di gerbang tol Kalikangkung Semarang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif