Info-mudik
Senin, 20 Agustus 2012 - 22:24 WIB

INFO MUDIK: Solo-Semarang Hampir 7 Jam! (II) Tas Plastik Jadi “Toilet”

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - dokumentasi

dokumentasi

SOLO–Penantian mendapatkan bus terbayar saat bus tujuan Solo masuk ke Terminal Terboyo, Semarang, Senin (20/8/2012) siang. (Baca Solo-Semarang Hampir 7 Jam (I) Rela Berdesakan yang Penting Dapat Bus) .

Advertisement

Seketika itu juga bus langsung penuh, sekitar 55 kursi sesak, bahkan belasan penumpang rela berdiri karena tak mendapatkan kursi. Soal tarif, duduk berdiri sama saja Rp30.000 tujuan Solo!

Solopos.com beruntung mendapatkan kursi di bus ekonomi ber-AC itu. Bagaimana kondisi dalam bus? Tak lebih nyaman dengan kondisi saat nunggu bus. Di dalam bus, dus-dus bawaan penumpang memenuhi bagian bawah kursi maupun atas kursi.

Tak hanya itu, belasan penumpang yang berdiri menyesaki bagian tengah antarkursi bus, menambah sumpek bus. Praktis menggeserkan tubuh saja terasa sulit, apalagi saat petugas bus menariki pembayaran tiket. Saat petugas lewat, penumpang yang berdiri mencondongkan badannya. Alhasil badan penumpang berikut tas bawaannya ikut mengenai penumpang satu dengan lainnya. Air conditioner (AC) yang seharusnya menyejukkan, terasa habis “terhisap” napas puluhan penumpang.

Advertisement

Dari semua penumpang, bisa jadi yang paling tersiksa adalah para bocah yang ikut jadi penumpang. Di bus itu terdapat sekitar 10-an anak. Beberapa bocah saling bergantian menangis tak henti. Kepanasan, bosan bisa jadi karena kelaparan juga.

Bahkan ada beberapa bocah yang muntah. “Iya ini dari pagi belum makan, keburu-buru pergi biar dapat bus. Jadinya masuk angin, mual,” ujar ibu muda sambil menggendong anaknya yang berusia sekitar 10 tahun.

Begitu keluar dari Terboyo, sang anak tak henti-hentinya memegang tas plastik. Saat perutnya terasa mual, dia mendekatkan tas plastik itu ke mulutnya.

Advertisement

Tak hanya soal perut mual. Beberapa anak yang tak kuat menahan buang air kecil pun terpaksa menjadikan tas plastik sebagai “toilet”. Hal ini dilakukan karena perjalanan yang seharusnya menempuh waktu sekitar tiga-empat jam, jadi molor hingga hampir tujuh jam. Mudik…oh mudik.  (Bersambung)

Advertisement
Kata Kunci : Info Mudik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif