Soloraya
Minggu, 19 Mei 2024 - 10:59 WIB

Tak Setuju Larangan Study Tour ke Luar Kota, Gibran: Perketat Pengawasan Bus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tak mempermasalahkan pelaksanaan study tour di sekolah, namun harus ada pengawasan ketat bus yang digunakan. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka tidak mempermasalahkan kegiatan study tour atau karyawisata.

Hal itu diungkapkan Gibran merespons sejumlah pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan yang melarang dan membatasi perjalanan study tour siswa buntut dari kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami pelajar yang mengikuti study tour. Daerah tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Advertisement

Gibran menjelaskan kegiatan study tour bisa dilakukan dengan memperhatikan armada yang akan digunakan sekolah. “Gak masalah, busnya saja yang diperketat ya,” jelas Gibran melalui keterangan video dibagikan Bagian Protokol, Komunikasi, dan Administrasi Pimpinan Setda Solo kepada wartawan, Sabtu (18/5/2024)  malam.

Kepala Bidang Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Solo, Henry Satya, membagikan sejumlah tips bagi warga saat memilih bus yang akan digunakan untuk study tour. Hal pertama yang perlu dilakukan yakni mengecek kartu uji kir atau sertifikat kir yang dimiliki bus.

“Disitu tertera masa berlakunya. Atau bisa dicek melalui aplikasi E-KIR Solo dengan memasukkan data Nopol atau nomor uji nanti tampil identitas kendaraan & masa berlaku uji,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (17/5/2024).

Advertisement

Kedua, kata dia, masyarakat bisa memanfaatkan layanan ramp check dari Dishub secara gratis. Caranya sebelum keberangkatan bisa mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dishub Solo atau bisa datang langsung ke Kantor Dishub di Manahan.

Menurut Henry, saat ini sebagian besar PO bus di Solo sudah tertib menjalani uji kir tiap enam bulan sekali. Pihaknya juga akan mengusulkan pembuatan Surat Edaran Wali Kota terkait Peningkatan Keselamatan Bus Pariwisata.

“Kami sedang menyusun draft usulan SE Wali Kota untuk diajukan terkait Peningkatan Keselamatan Bus Pariwisata. Saat ini sedang proses persetujuan Kepala Dishub Solo,” terang dia.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif